5 Manfaat Petai Cina, Pohon Yang Kini Sudah Jarang Ditemukan

Resa Azzahra 0 Komentar

Petai Cina Yang Kerap Disebut Sebagai Selong Memiliki Manfaat Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Tak Hanya Daunnya, Pohon Dan Buahnya Pun Sangat Baik

IndiffsPetai cina atau yang sering di kenal sebagai petai selong ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. di dalam sejarah petai cina atau lamtoro telah dimanfaatkan sebagai pohon peneduh, pencegah erosi serta dapat dijadikan pakan ternak.

Petai cina yang kerap dijadikan campuran menu makanan dan memiliki kaya nutrisi dan rendah kalori. Umumnya penggemar kuliner tradisional pasti sudah sangat mengenal dengan petai selong.

Ya, pasalnya petai cina kerap diolah menjadi berbagai macam menu masakan mulai dari sambal goreng tempe, botok dan lainnya.

Daun petai yang berbentuk menyirip rangka dengan 10 sirip ini memiliki kandungan flavonoid, saponin, tanin, vitamin a dan B1. Sedangkan Buahnya yang berbentuk pita lurus, pipih dan tipis berwarna hijau ini mengandung mimosin, protein, leukanin dan leukanol.

Selain dapat diolah menjadi makanan, lamtoro ini bisa digunakan sebagai obat herbal, dari semua bagian tanaman, daun dan buahnya umum di gunakan dalam pengobatan alami.

Berikut manfaat petai cina untuk kesehatan

1. Diabetes melitus

Penyakit diabetes ini merupakan penyakit kencing manis yang tidak boleh dianggap sepele. Penderita penyakit ini harus segara diobati agar penyakit tidak semakin parah. lamtoro memiliki kandungan flavanoid, saponin dan alkanoid yang mampu menurunkan glukosa darah.

Untuk dapat merasakan manfaatnya kamu cukup menyediakan biji petai cina tua 100 gram, goreng lalu haluskan seperti kopi, setelah itu seduh dengan segelas air mendidih. sebaiknya minum ramuan ini sehari sekali.

2. Mengobati bengkak

Kandungan yang terdapat dalam daunnya dapat mempercepat pengempisan bengkak.

Untuk merasakan manfaatnya. Cukup tumbuk petai sampai halus dan tempelkan kepada bagian yang bengkak lalu biarkan selama beberapa menit, setelah itu bersihkan.

3. Mencegah kanker

Terlalu sering terkena radikal bebas dapat meningkatkan resiko kanker serta penyakit degenaratif. Biji petai selong dapat diekstrakkan untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena kanker.

Kandungan zat tanin dan senyawa polifenol dapat menetralisir racun dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Cara mengkonsumsinya bisa dengan diseduh maupun dimakan langsung.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang seperti fospor, protein, kalium, kalsium, besi, tembaga dan seng yang cukup banyak. Dengan mengkonsumsi petai selong dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari serangan radang sendi, rematik, keram serta meminimalkan risiko pengeroposan tulang.

5. Mampu meredakan sakit

Pada bagian pohon lamtoro dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, kulit batang pohon ini juga dapat dijadikan analgesik alami. Kayu petai selong dapat di gunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan nyeri kram atau otot saat haid.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru