8 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Yang Mudah & Efektif

Resa Azzahra 0 Komentar

Kita harus bisa menjaga tubuh kita dengan cara meningkatkan imun tubuh agar tak gampang tertular oleh penyakit berbahaya di luaran sana

Indiffs – Dimasa banyak virus dan gejala penyakit berbahaya yang dapat menular, tentunya kita harus bisa menjaga tubuh kita dengan cara meningkatkan imun tubuh agar tak gampang tertular oleh penyakit berbahaya di luaran sana.

Imun atau yang disebut sebagai daya tahan tubuh, merupakan sistem kekebalan tubuh yang dirancang mendeteksi maupun menghancurkan benda asing yang masuk ke tubuh seperti bakteri atau virus. Tentunya, kekebalan tubuh sangat penting untuk dijaga agar tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Ada beberapa cara di bawah ini yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk upaya penjagaan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya yang selalu mengintai.

1. Olahraga Teratur

Dengan berolahraga dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh menjadi lebih terjaga. Namun, olahraga yang dilakukan tak harus berat, kamu cukup melakukan olahraga ringan hingga sedang, dan lakukan setiap hari selama 30 menit atau 1 jam lamanya.

Hal ini karena, berolahraga dapat membuat tubuh melepaskan banyak hormon yang bisa membantu tubuh meredakan stres dan memperkuat otot dalam tubuh. Kamu bisa jogging, bersepeda, berenang hingga lompat tali untuk mendapatkan hasilnya.

2. Hindari Stres

dengan menjaga kadar stres dalam tubuh sangatlah perlu. Ketika kita merasa stres dan banyak pikiran, hal tersebut ternyata bisa melemahkan daya tahan tubuh secara tidak langsung. Seseorang yang memiliki kadar stres tinggi, maka imunitas tubuhnya akan tidak seimbang sehingga mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, Kamu tidak boleh terlalu stres jika ingin menerapkan cara meningkatkan imun tubuh. Salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan melakukan meditasi, berlibur, melakukan hobi, mengobrol dengan teman, hingga makan makanan yang bisa meredakan stres.

3. Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari ternyata bisa membuat tubuh mendapat asupan vitamin D alami terbaik yang berasal dari sinar matahari. Untuk mendapatkan asupan vitamin D yang maksimal dari sinar matahari, waktu yang bagus adalah mulai pukul 08.00 sampai 10.00 pagi dengan durasi waktu berjemur sekitar 10-15 menit lamanya.

Jika tidak bisa setiap hari berjemur, kamu bisa melakukannya 2-3 kali seminggu.

4. Selalu Menjaga Kebersihan

Selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan tubuh hingga kebersihan lingkungan sekitar. Rutinlah membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas di luar rumah, setelah dari toilet, dan sebelum makan.

Dengan rutin membersihkan tangan, maka kuman dan bakteri yang menempel di tangan bisa hilang sehingga tidak ikut masuk ke dalam tubuh ketika akan mengonsumsi makanan tertentu.

Selain rutin mencuci tangan, kamu juga harus sering-sering bersih-bersih rumah karena lingkungan rumah yang kotor dan berantakan akan rentan menjadi sarang kuman dan bakteri yang menempel. Dan di pagi hari, cobalah untuk membuka pintu dan jendela supaya sirlukasi udara bisa berjalan baik. Sambil membuka pintu dan jendela, bisa sambil bebenah rumah.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh yang terhidrasi dengan baik ternyata bisa membuat kita tidak mudah sakit. Sebenarnya hidrasi tidak sepenuhnya bisa melindungi kita dari bakteri dan virus, tetapi bisa menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Pada saat kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan ada banyak efek yang dirasakan, mulai dari sakit kepala, mudah lelah, tidak fokus, hingga terjadinya masalah pada ginjal dan hati.

Komplikasi permasalahan ini bisa berdampak buruk pada sistem imunitas tubuh pastinya. Jadi meski tidak bisa sepenuhnya melindungi dari serangan virus dan bakteri, tapi dengan terhidrasi secara baik, maka kesehatan tubuh bisa tetap terjaga. Dengan begitu sistem imun secara tidak langsung akan naik.

6. Beristirahat Dengan Cukup

Kualitas tidur sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat menjaga, bahkan memperkuat daya tahan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi waktu tidur sesuai dengan usia Anda. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam per hari, sementara remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 8–10 jam per hari.

7. Konsumsi Makanan Bergizi

Pastikan bahwa tubuh kamu mendapatkan asupan dengan kandungan gizi seimbang. Ini berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan. Oleh karenanya, semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, maka semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan selalu mengonsumsi buah dan sayur. Ini perlu, karena buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kemudian, makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

8. Cukupi Asupan Vitamin C

Sebaiknya pastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Sebab, vitamin jenis ini memiliki fungsi penting dalam tubuh. Pada saat memasuki pergantian musim, pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain terdapat di buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri, vitamin C juga ada di sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat.

Bila perlu, untuk meningkatkan imun tubuh dengan cara memastikan asupan vitamin C ini, dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru