8 Tips Agar Hasil Catokan Rambut Tahan Lama Dan Tetap Sehat

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya mendapatkan hasil catokan tahan lama sehingga dapat membuat rambut tetap sehat.

INDIFFS.COM – Banyak perempuan yang rela menyisihkan waktunya untuk mencatok rambut sebelum memulai beraktivitas. Namun, terkadang waktu yang disisihkan untuk mencatok rambut terasa terbuang sia-sia karena hasil catokan tidak tahan lama. Ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar hasil catokan tahan lama.

Tips Hasil Catokan Tahan Lama

Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan sendiri supaya hasil catokan rambut tahan lama dan membuat rambut tetap sehat:

1. Pilih Shampoo yang Melembabkan

Keramas terdengar sepele dan seolah tidak penting. Padahal, persiapan rambut lurus yang tahan lama dimulai dari kebiasaanmu mencuci rambut. Hal pertama yang harus kamu ingat adalah rambut harus lembap. Saat kelembapan rambut terjaga, kondisi rambut akan lebih kondusif sehingga lebih mudah diatur. Cobalah pilih shampoo yang memang bisa memberikan kelembapan maksimal dan punya efek melembutkan rambut.

2. Pastikan Kondisi Rambut Bersih

Agar hasil catokan terlihat cantik dan awet, kamu perlu memastikan kondisi rambut dalam keadaan bersih. Rambut yang kotor dan berminyak dapat membuat hasil catokan menjadi lepek dan susah diatur. Maka dari itu, sebelum kamu mencatok bersihkan rambut menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Jangan lupa juga untuk menggunakan conditioner, agar tampilan rambut lebih halus, lembut, dan juga mudah diatur.

3. Jangan Berlebihan Menggunakan Heat Protection

Memakai heat protection memang sangat penting untuk melindungi rambut dari panasnya alat catok. Namun, penggunaan heat protection yang berlebihan dapat membuat rambut kamu lepek dan terlalu berminyak. Hal ini akan menyulitkanmu dalam proses mencatok dan membuat catokan tidak tahan lama. Sebaiknya, gunakanlah heat protection secukupnya.

4. Keringkan Rambut dengan Benar

Kesalahan yang juga sering dilakukan adalah mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosok-gosokkan handuk pada rambut dengan kencang. Padahal, cara ini bisa membuat rambut lebih mudah frizzy atau kusut.

Cara terbaik adalah menggunakan kaus katun yang bersih atau handuk berbahan microfiber. Tundukkan kepala lalu remas-remas ujung rambut yang basah menggunakan handuk microfiber atau kaus katun. Lakukan hingga air yang tersimpan dalam rambut terserap dan rambut setengah kering.

5. Mencatok Saat Rambut Kering Sempurna

Masih banyak yang menilai mencatok rambut dalam keadaan basah dapat membuat hasil catokan lebih tahan lama. Sayangnya, mencatok rambut saat basah dalam menyebabkan rambut menjadi rusak, kasar dan juga rontok.

Kondisi rambut yang basah juga membuat waktu dalam mencatok rambut menjadi lebih lama dan membuat kamu cape sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Untuk itu, pastikan rambut dalam keadaan kering sempurna sebelum mencatok rambut. Kamu juga dapat melakukan blow dry untuk membuat rambut kering.

6. Catok Rambut dengan Suhu yang Tepat

Pastikan bahwa kamu sudah mengatur suhu yang tepat ketika mencatok rambutmu. Mencatok rambut dengan suhu yang tinggi dari 150 derajat, akan mengurangi kelembapan rambutmu. Hal ini dapat membuat rambut kering sehingga rambutmu menjadi rusak, kasar dan susah diatur.

Sedangkan dalam mencatok rambut dengan suhu yang terlalu rendah akan membuat proses mencatok menjadi lebih lama dan hasilnya pun kurang maksimal. Untuk rambut yang lurus, jangan pernah melebihi 150 derajat. Jika rambutmu tipis, gunakan 130 derajat saja. Pastika rambut benar-benar kering sebelum mulai mencatoknya.

7. Catok Rambut Selapis Demi Selapis

Ini juga menjadi hal yang sering dilupakan, yaitu memperhatikan cara catokan agar tahan lama. Karena waktu yang terlalu mepet dan ingin cepat selesai, banyak orang yang mencatok rambut dengan bagian yang tebal atau besar. Nah, saatnya kamu tinggalkan kebiasaan ini.

Cara agar catokan awet harus dilakukan dengan membagi beberapa bagian rambut dan mencatok rambut selapis demi selapis. Cara mempertahankan rambut catokan ini mungkin akan makan waktu lama, terlebih untuk kamu yang punya rambut tebal.

Namun, hasilnya pasti akan lebih baik. Suhu panas dari alat catokan akan lebih tersebar merata dan hasil catokan tahan lama serta terlihat lebih matang.

8. Jangan Langsung Dilepas setelah Mencatok

Agar hasil catokan awet yaitu dnegan mengunci hasil catokan sebelum dilepas. Khususnya untuk kamu yang sedang curlying ataupun waving rambut. Kamu juga dapat mengunci hasil catokan dnegan roll rambut dan kemudian hairdrying sebelum melepaskan kuncian.

Sama halnya juga dengan yang menginginkan rambut lurus, kamu dapat menggunakan kuncian jadi setelah rambut masih hangat. Jangan langsung melakukan kuncian jari setelah selesai mencatok, tunggu hingga satu menit agar rambut tidak panas.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat hasil catokan rambut tahan lama. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru