Jadwal Puasa Syawal 2023, Lengkap Bacaan Niat dan Hukumnya!

Admin 0 Komentar

Puasa sunnah Syawal 2023 dimulai pada tanggal 2 bulan Syawal 1444 H dan dianjurkan dikerjakan selama 6 hari.

INDIFFS.COM – Puasa Syawal 2023 dimulai pada tanggal 2 bulan Syawal 1444 H dan dianjurkan dikerjakan selama 6 hari. Bulan syawal merupakan waktu yang ideal untuk mengqadha puasa Ramadhan.

Banyak keutaman yang terdapat dalam puasa Syawal ini, diantaranya puasa Syawal akan menggenapkan ganjaran berpuasa setahun penuh.

Hal itu seperti diterangkan dalam hadits yang dari Abu Ayyub yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari seperti berikut ini.

Abu Ayyub mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: “Siapa yang berpuasa bulan Ramadhan kemudian diikutinya dengan enam hari Syawal maka ia seperti berpuasa sepanjang masa.” (H.R Muslim).

Dalam versi lain, Rasulullah saw. juga mengatakan,”Barang siapa berpuasa Ramadhan, maka pahala satu bulan Ramadhan itu (dilipatkan sama) dengan puasa 10 bulan, dan berpuasa 6 hari sesudah Idul Fitri (dilipatkan sepuluh menjadi 60), maka semuanya (Ramadhan dan 6 hari bulan Syawal) adalah genap satu tahun,” (H.R. Ahmad].

Jadwal Puasa Syawal 2023

Melansir dari Detik.com, apabila pelaksanaan puasa Syawal dilakukan secara berturut, mulai tanggal 2 sampai 7 Syawal, itu lebih baik. Berdasarkan konversi kalender Hijriah ke Masehi, Hari Raya Idul Fitri diperkirakan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023 mendatang.

Sehingga puasa Syawal 2023 dapat dilaksanakan mulai Minggu (23/4/2023) sampai akhir bulan Syawal selama enam hari lamanya. Tanggal 29 Syawal jatuh pada Senin (22/4/2023) dan 30 Syawal jatuh pada Selasa (23/5/2023).

Niat Puasa Syawal

Seperti melakukan puasa sunnah maupun wajib lainnya, pelaksanaan puasa Syawal juga harus didahului dengan niat. Berikut bacaan niat puasa sunnah di bulan Syawal:

نويت صوم شهر شوال سنة لله تعالى

Nawaitu Sauma Syahri Syawwal Sunnatan Lillahi Ta’alah

Artinya: ”Saya niat puasa bulan Syawwal , sunnah karena Allah ta’ala.”

Melansir dari berbagai sumber, niat puasa Syawal ini boleh dilakukan di pagi hari hingga waktu zuhur asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum. Apabila kita belum berniat pada malamnya, maka boleh langsung mengucap niat puasa di pagi harinya lalu mengerjakan puasa hingga masuk waktu magrib atau berbuka.

Adapun tata cara puasa Syawal sama dengan puasa wajib atau puasa sunnah lainnya. Yaitu dilaksanakan sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Sementara, yang membedakan dengan puasa lainnya hanya terletak pada niatnya saja.

Hukum Puasa Sunnah Syawal

Hukum melaksanakan puasa Syawal adalah sunnah Musta’ab. Ini mempunyai arti sesuatu yang telah dikerjakan oleh Nabi Muhammad satu atau dua kali.

Mustahab pada hakikatnya merupakan perbuatan yang apabila dikerjakan mendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakaan tidak mendapat dosa ataupun siksa.

Meskipun hukumnya tidak wajib, puasa sunnah Syawal mempunyai banyak keutamaan dan keistimewaan yang dapat kamu raih.

Demikian informasi terkait jadwal, bacaan niat dan hukum puasa sunnah Syawal 2023. Semoga Allah senantiasa mempermudah ibadah kita semua.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru