Arti Rookie dalam K-pop, Istilah Dunia Entertainment Korea

Wiwin Indriani 0 Komentar

Rookie sering kali digunakan dalam dunia entertainment Korea. Ketahui arti rookie istilah dalam K-Pop berikut ini

INDIFFS.COM – Jika kamu memiliki teman yang menyukai K-Pop atau kamu yang merupakan K-Popers baru, maka kamu mungkin pernah mendengar istilah rookie. Untuk mengetahuinya, yuk simak arti rookie dalam K-Pop berikut ini.

Arti Rookie Dalam K-Pop

Kata rookie yaitu berasal dari bahasa Inggris. Menurut kamus Cambridge, rookie berarti orang baru dalam sebuah organisasi atau sebuah aktivitas. Dalam konteks K-Pop, rookie adalah sebutan bagi idol Korea yang baru saja memulai karir atau debut-nya, atau bisa disebut juga sebagai artis pendatang baru. Istilah ini masih dapat disematkan kepada mereka selama satu sampai dua tahun.

Biasanya di tiap acara award akan ada nominasi Rookie of the Year yaitu pendatang baru terbaik di tahun itu, dimana pemenangnya dipilih dari antara para rookie idol yang baru berkarir selama setahun terakhir.

Meski begitu, rookie level nya diatas dan sudah lebih berpengalaman daripada pemula (beginner). Jadi, kurang tepat jika rookie persamaannya adalah pemula sebab itu adalah dua hal yang berbeda. Rookie adalah level diatas pemula namun dibawah amatir. Lamanya orang menjadi rookie dalam dunia karir adalah 1 tahun. Sebab itulah ada istilah rookie year/rookie season atau tahun rookie/musim rookie. Kemudian setelah itu, dia tidak lagi jadi rookie namun sophomore.

Selain itu, ada juga yang disebut ‘monster rookie‘. Julukan ini biasanya didapatkan grup K-Pop baru debut, yang memiliki potensi besar untuk menggebrak industri musik.

Adapun beberapa grup K-Pop yang masih tergolong rookie, berikut ini:

1. (IVE)

Girl grup rookie yang debut pada 1 Desember 2021 ini beranggotakan Yujin, Gaeul, Wonyoung, Rei, Liz, dan Lee Seo. Adapun album debut mereka berhasil terjual sebanyak 150 ribu keping di minggu pertama.

2. JYP (XDINARY HEROES dan JYPn)

XDINARY HEROES merupakan band kedua yang dibentuk JYP setelah DAY6. Mereka debut pada tanggal 6 desember 2021 lalu.

3. STAYC

Mulai dari lagu debut mereka “SO BAD” pada tahun 2020, hingga lagu comeback bertajuk “ASAP” dan “STEREOTYPE” sukses menjadi viral.

4. TREASURE

Debut pada bulan Agustus 2020, kehadiran TREASURE sebagai boy group rookie sangatlah ditunggu-tunggu oleh penggemar sejak acara survival “Treasure Box” milik YG Entertainment. Sejak itu, TREASURE berhasil mendapatkan banyak penggemar, baik di Korea maupun di luar negeri.

5. CRAVITY

CRAVITY akan segera memasuki anniversary ke-2 mereka, di mana ini berarti bahwa masa rookie mereka hampir berakhir. Mereka memiliki dua tahun yang fantastis dengan meraih kemenangan Best New Male Artist di perhelatan MMA 2020 hingga diskografi mereka yang sangat beragam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru