Cara Meredakan Dahak di Tenggorokan Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Admin 0 Komentar

Dahak ini bumumnya disebabkan karena sakit batuk serta adanya infeksi pada paru-paru sehingga muncul istrilah yang dinamakan batuk berdahak.

indiffsDahak adalah cairan seperti jeli yang dikeluarkan dari paru-paru. Dibandingkan dengan lendir yang dikeluarkan dari saluran hidung, dahak ini merupakan zat yang lebih kental dan cenderung lengket.

Tujuan utama dari lendir yang lengket di saluran udara yaitu untuk menjebak sebanyak mungkin partikel yang mengiritasi. Kemudian, dahak menjadi sarana keluarnya mereka dari saluran pernapasan bagian bawah. Singkatnya, zat ini membantu menjaga paru-paru bersih dari kuman yang masuk ke saluran udara.

Cara menghilangkan dahak sendiri bisa menggunakan berbagai cara alami agar lebih aman. Berikut ini beberapa cara menghilangkan dahak dengan bahan alami:

1. Minum Air Putih yang Banyak

Salah satu cara untuk mengencerkan lendir di tenggorokan adalah dengan banyak minum air putih. Selain dapat menghidrasi tubuh, cara ini dipercaya bisa membantu tenggorokan agar tetap lembap sehingga akan terasa lebih nyaman.

2. Latihan Pernapasan Dalam

Latihan pernapasan dalam melibatkan pernapasan perlahan (menghirup) dan menghembuskan napas (menghembuskan napas) untuk membantu paru-paru mengembang.

Ini adalah salah satu kelompok terapi untuk membersihkan paru-paru, yang menggunakan teknik manipulasi fisik untuk membantu mengurangi dahak dan membersihkan paru-paru dengan mengeluarkan dahak yang lengket.

3. Uap Hangat

Menghirup uap hangat menjadi metode paling alami dan mudah untuk membantu mengeluarkan sekaligus melegakan pernapasan karena lendir. Hal ini dikarenakan saat menghirup uap hangat, tenggorokan akan menjadi lembap. Tenggorokan yang lembap akan semakin memudahkan dalam pengeluaran dahak.

4. Gunakan Semprotan Hidung atau Larutan

Jika mengalami penyumbatan lendir di hidung atau tenggorokan, bisa mencoba membersihkannya dengan semprotan hidung. Ini dapat berupa larutan garam yang di sterilkan.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan esensial kayu putih dapat membantu meredakan lendir berlebih di dada. Ini dapat mengencerkan dahak, sehingga bisa batuk dengan lebih mudah. Pada saat yang sama, jika mengalami batuk yang mengganggu, kayu putih dapat meredakannya.

Kamu bisa menghirup uap minyak kayu putih dengan menggunakan diffuser atau menggunakan balsem yang mengandung bahan ini.

6. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Jika penumpukan lendir di tenggorokan yang kamu alami memburuk di malam hari, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari jantung. Kamu bisa menambah bantal ekstra di bawah kepala kamu.

Langkah ini dapat mencegah lendir tidak menggumpal atau menumpuk di bagian belakang tenggorokan, dan mengganggu tidur nyenyak kamu dengan batuk.

Nah itulah cara untuk meredakan dahak secara alami yang dapat kamu coba praktikkan, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru