Heboh! Monyet Turun Gunung Usai Gempa Cianjur, Pertanda Apa?

Hani Hnsa 0 Komentar

Monyet di gunung Manglayang dilaporkan turun ke pemukiman warga diantaranya wilayah Kiaracondong dan Cipadung.

INDIFFS.COM – Monyet di gunung Manglayang dilaporkan turun ke pemukiman warga diantaranya wilayah Kiaracondong dan Cipadung. Hal tersebut tentu mengejutkan warga sekitar.

Dalam video yang beredar, tampak monyet tersebut memanjat atap-atap rumah warga, berlarian di pekarangan rumah hingga bergelantungan di tiang listrik.

@deayuningtyas

takut banget sama monyet yg tiba2 turun gunung skrg, ya Allah lindungi keluargaku lindungi Bandungku 😭 sumpah aku takut dan panik πŸ˜”

♬ nhαΊ‘c nền – π˜Ώπ™†π™–π™¬π™£γƒƒ – DKawn

Fenomena turun nya monyet Gunung Manglayang ke pemukiman warga Bandung dikaitkan dengan Sesar Lembang yang membentang di sekitar habitat asli kawanan monyet tersebut.

Monyet turun gunung biasanya memiliki tanda adanya bencana alam yang akan mengancam tempat tinggal hewan tersebut. Hingga saat ini warga di kedua kelurahan tersebut muncul beragam komentar. Bahkan, netizen memperkirakan hal itu diakibatkan Sesar Lembang yang diprediksi mulai aktif.

Aku rumah di Cimenyan, depan belakang rumah lahan miring. Ya Allah semoga sesar lembang tetap tidur,” tulis salah satu netizen.

Mengutip KejakimpolNews.com, Lurah Cipadung Lukman Efendi membenarkan. “Memang benar keberadaan 4 monyet ekor panjang tersebut hingga saat ini masih diperbincangkan warga Kelurahan Cipadung dan Palasari. Berbagai tanggapan muncul hingga ada yang menilai monyet tersebut dari Gunung Manglayang,” ujar Lukman Efendi.

Kadiv profesi Asosiasi Dokter Hewan Liar, Akuatik dan Hewan Eksotik Indonesia (ASLIQEEWAN), Drh. Nur Purba Priambada mengatakan, kawanan monyet itu turun diduga habitatnya tengah minim makanan. Sehingga harus turun dari gunung ke pemukiman warga.

Kendati demikian, Nur mengatakan tak menutup kemungkinan kawanan monyet itu turun ke pemukiman warga karena diduga ada aktivitas negatif di habitatnya. Sehingga, satwa tersebut harus pergi melindungi diri. Namun, ia menyarankan kasus ini harus diproses lebih lanjut.

Sebelumnya diketahui jika gempa yang terjadi di Cianjur diduga diakibatkan oleh Sesar Cimandiri yang terletak di Jawa Barat. Sesar Cimandiri sendiri merupakan salah satu sesar yang dikhawatirkan akan berdampak gempa hingga tsunami di Indonesia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru