Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke-27, Jembatan yang Lurus

Admin 0 Komentar

Aturan shalat tarawih adalah sunnah umum dan keutamaanya sangat besar. Seperti yang disebutkan dalam keutamaan tarawih di malam ke-27 berikut

INDIFFS.COM – Tak terasa, hampir sepekan sudah ibadah di bulan Ramadhan dijalani oleh seluruh umat muslim di dunia. Pelaksanaan shalat tarawih pun akan memasuki malam ke-27 dan tentunya banyak keutamaan yang luar biasa di setiap malam nya.

Shalat tarawih sendiri adalah ibadah sholat yang dilakukan pada malam hari selama bulan ramadhan dan hukumnya sunah muakad, artinya sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, shalat tarawih merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Aturan shalat tarawih adalah sunnah umum dan keutamaan-nya sangat besar.

Keutamaan Shalat Tarawih Malam ke-27

Seperti yang telah diutarakan, bahwa setiap malam shalat tarawih memiliki keutamaan berbeda-beda. Seperti keutamaan shalat tarawih di malam ke- 27 ini. Berikut ini fadhilah nya. Penjelasan ini telah disebutkan dalam kitab Durratun Nasihin, berikut ini bunyinya:

ูˆูŽููู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ุณู‘ูŽุงุจูุนูŽุฉู ูˆูŽุงู’ู„ุนูุดู’ุฑููŠู’ู†ูŽ ุฌูŽุงุฒูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู’ู„ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูุฑูŽุงุทู ูƒูŽุงู’ู„ุจูŽุฑู’ู‚ู ุงู’ู„ุฎูŽุงุธููู

Artinya: Pada malam kedua puluh tujuh, di hari kiamat ia melewati jembatan shirathal mustaqim secepat sambaran kilat.

Disebutkan bahwa keutamaan shalat tarawih di malam ke- 27, seorang hamba yang melaksanakan shalat tarawih, di hari kiamat kelak ia dapat melewati jembatan shirathal mustaqim dengan cepat, secepat sambaran kilat.

Keutamaan selanjutnya pun dijelaskan. Dalam Hadis Abu Daud No. 1375 disebutkan. Pahala shalat tarawih akan berlipat ganda jika dilakukan dengan berjamaah, Nabi SAW bersabda:

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽู†ู’ุตูŽุฑูููŽ ุญูุณูุจูŽ ู„ูŽู‡ู ู‚ููŠูŽุงู…ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู

Artinya: “Jika seseorang shalat tarawih bersama imam sampai ia memberi salam, maka dihitung pahala shalat semalaman.” (HR. Abu Daud No. 1375).

Aturan shalat tarawih di bulan Ramadhan hukum nya Sunnah umum. Namun memiliki keutamaan yang sangat besar. Shalat ini sendiri mempunyai keutamaan yang telah Nabi SAW sampaikan. Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุงุŒ ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

Artinya: “Barang siapa yang shalat malam (sholat tarawih) di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari n.37 dan Muslim n.759).

Demikianlah ulasan mengenai fadhilah tarawih di malam ke- 27. Semoga shalat tarawih kita dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, terlebih di bulan Ramadhan ini. Selamat beribadah, ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru