3 September, Memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI)

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Organisasi palang merah indonesia di peringati pada tanggal 3 september, adapun PMI melakukan kegiatan yang bergerak dalam bidang kemanusiaan.

Indiffs – PMI atau Palang Merah Indonesia ini merupakan salah satu organisasi terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. PMI juga selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Adapun tujuan PMI ialah untuk membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia, tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong.

Sejarah PMI

Di Indonesia palang merah sendiri sebenarnya sudah ada sebelum perang dunia ke 2, dan nama palang merah ini di cetuskan oleh kolonial belanda pada saat itu, namun organisasi ini tidak bertahan lama dan di bubarkan pada masa pemerintahan Jepang.

Namun, tak berhenti disini pejuang Indonesia terus mengedepankan organisasi ini, tujuh belas hari setelah hari kemerdekaan tepat nya pada tanggal 3 september ini Presiden Soekarno memerintahkan untuk membentuk organisasi PMI ini. Dan atas dasar perintah presiden menteri kesehatan Republik Indonesia pada saat itu yakni Dr. Buntaran membentuk panitia 5 dalam mendirikan organisasi ini yang terdiri dari, Dr. R. Mochtar, Dr. Bahder Djohan, Dr. Djuhana, Dr. Marzuki dan Dr. Sitanala.

Akhirnya pada tanggal 17 september terbentuk lah organisasi ini yakni palang merah Indonesia, dengan merintis berbagai kegiatan mulai dari membantu dan memberi bantuan untuk korban perjuangan Republik Indonesia. Maka dari itu, pada bulan September ini kita merayakan dua hari peringatan bersejarah Palang Merah yakni Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh pada 03 September 2022 dan Hari Palang Merah Nasional pada 17 September 2022.

Tujuan PMI

Adapun tujuan organisasi PMI ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kapasitas PMI dengan memberdayakan sumber daya manusia.
  • Meningkatkan ketahanan Masyarakat dalam mengurangi resiko penyakit dan penanggulangan bencana.
  • Mewujudkan PMI dalam pelaksanaan kebijakan, peraturan organisasi, sistem dan prosedur yang ditetapkan.
  • Meningkatkan pelaksanaan donor darah yang memadai di Indonesia.
  • Membantu hubungan kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka menjalankan mandat dan fungsi PMI di bidang kemanusiaan.
  • Memajukan seluruh elemen masyarakat, tentang nilai kemanusiaan, dan mewujudkan nilai persatuan indonesia.

Jadi pada dasarnya fungsi adanya PMI ini adalah memiliki tugas pokok yang membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan terutama tugas-tugas kepalang merahan yang meliputi, kesiapsiagaan bantuan, penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pelayanan transfusi darah. Yang di kutip di laman dinas kesehatan Mojokerto.

Hari Palang Merah Indonesia

Adapun kegiatan yang sering dilakukan dalam memeriahkan peringatan hari palang merah Indonesia atau PMI ini adalah:

  1. Donor Darah
  2. Sosialisasi Pelatihan
  3. Periksa Kesehatan Gratis
  4. Cek kualitas darah gratis
  5. Tensi Darah Gratis
  6. Seminar Kesehatan

Itulah sejarah singkat mula terbentuknya PMI yang ada di Indonesia, dengan tujuan dan fungsi organisasi PMI, serta berbagai peringatan yang sering dilakukan dalam memperingati palang merah indonesia atau PMI ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru