6 Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis, Ketahui!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Keterampilan menulis adalah sesuatu yang bisa kita kuasai dengan waktu dan latihan. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan menulis.

INDIFFS.com – Keterampilan atau kemampuan menulis memungkinkan kamu untuk berkomunikasi secara efektif melalui kata-kata tertulis. Kemampuan menulis tidak hanya terbatas pada merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat atau paragraf saja. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan struktur kalimat, konteks dari setiap paragraf, alur cerita, dan lainnya. Nah, berikut ini cara untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

Keterampilan menulis adalah sesuatu yang bisa kita kuasai dengan waktu dan latihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan menulis:

1. Sering Membaca

Menulis tidak bisa lepas dari membaca. Sering membaca dapat menambah wawasan kamu dalam mengolah kata terutama jika membaca berbagai jenis tulisan. Misalnya, saat kamu membaca puisi, kamu bisa belajar bagaimana cara menyampaikan emosi, atau saat membaca sebuah artikel berita, menyampaikan suatu informasi dengan jelas dan ringkas.

2. Memperkuat Tata Bahasa

Tata bahasa dan ejaan membentuk dasar tulisan yang baik. Menulis dengan tata bahasa dan ejaan yang tepat dapat meningkatkan profesionalitas dan perhatian kamu secara detail. Itu juga membuat tulisan kamu lebih mudah dipahami.

Selain itu, mengetahui kapan dan bagaimana menggunakan tanda baca yang kurang umum, seperti titik dua, titik koma, dan tanda hubung, dapat membuka cara baru untuk menyusun kalimat dan meningkatkan tulisan kamu. Jika, kamu ingin memperkuat tata bahasa dan ejaan, mulailah dengan membaca manual penulisan.

3. Cobalah Membuat Rangkuman Dari Artikel

Carilah sebuah artikel yang agak panjang dan menarik perhatian kamu, kemudian coba buat rangkuman nya dengan bahasa kamu sendiri tanpa menghilangkan informasi utama dalam artikel tersebut.

4. Berlatih Menulis Setiap Hari

Kamu bisa menuliskan peristiwa-peristiwa yang kamu alami. Kamu juga bisa menulis tentang hobi kamu. Kedua hal ini relatif mudah ditulis karena kamu mengalami dan menyukai nya. Dengan demikian, latihan menulis setiap hari bisa kamu jalani secara konsisten. Untuk tahap awal, tidak perlu banyak-banyak dulu. Misalnya, kamu cukup menulis 50-100 kata saja sehari.

5. Menerapkan Teknik Menulis Bebas

Saat kamu menulis, kamu mungkin sering mengalami kemacetan menulis. Salah satu tips mengatasinya adalah dengan menerapkan teknik menulis bebas. Tulis hal-hal terkait topik tulisan yang muncul di kepala kamu. Jangan pikirkan benar tidaknya tulisan, jangan pedulikan tulisan kamu sesuai ejaan atau tidak dan jangan perbaiki kata-kata yang salah ketik.

Bila perlu, jangan gunakan tombol backspace di laptop. Intinya, jangan berhenti untuk menulis. Karena, menulis itu menggunakan otak kanan sehingga kamu bebas ber-kreativitas. Setelah selesai menulis, baru kamu edit tulisan tersebut sehingga menjadi lebih baik. Pengeditan ini mencakup antara lain ejaan, salah ketik, data, dan referensi.

6. Dapatkan Kritik Dan Saran

Baik itu menulis email atau teks apapun, meminta kritik dan saran adalah cara yang bagus untuk melihat bagaimana seseorang menafsirkan teks yang kamu tulis. Miliki gagasan tentang apa yang mereka koreksikan. Fokuskan struktur, kesimpulan, persuasif argumen, atau lainnya.

Dekati teman, anggota keluarga, rekan kerja, atau siapapun orang tepercaya. Jika kamu seorang pelajar, sekolah juga mungkin memiliki pusat sumber daya menulis yang dapat kamu jangkau.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk membentuk kelompok menulis atau bergabung dengan kelas menulis. Temukan kursus menulis online, di komunitas setempat, atau di dimanapun itu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru