6 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Manfaat susu kambing dapat diperoleh dari kandungan baik yang ada didalamnya. Seperti Kandungan mineral, kaya akan kalsium dan sebagainya

INDIFFS.COM – Jika dibandingkan dengan susu sapi atau nabati, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, terutama protein dan kalsium. Manfaat susu kambing dapat Anda peroleh dari kandungan baik yang ada didalamnya. Minuman ini mengandung zat mineral, seperti zincun (Zn), mineral alkaline, flourin, betakasein, asam amino, cynokobalamin, enzin xhantine oxydase, niasin, dan masih banyak lagi.

Manfaat Susu Kambing

Susu kambing kaya akan kalsium, asam lemak baik, dan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Kalium pada susu kambing ditemukan pada banyak sel tubuh, misalnya sel otot, sel darah merah, organ hati, dan tulang. Itu artinya, sel di dalam tubuh akan bekerja dengan baik jika asupan kalium tercukupi.

Bukan hanya kalium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, asam ini juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

2. Menurunkan Kolesterol

Kelebihan lain dari susu kambing adalah asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat. Kandungan lemak esensial yang dimiliki susu kambing disebut lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagai lemak baik.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu kambing diketahui memiliki manfaat yang potensial dalam menjaga serta menguatkan tulang dan gigi. Hal ini terjadi karena susu kambing mengandung kalsium yang cukup banyak. Dalam satu gelas susu kambing (± 235 ml) terdapat sekitar 330 mg kalsium.

4. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia

Tak hanya untuk anak-anak dan orang dewasa, susu kambing ini juga cocok untuk dikonsumsi lansia. Pasalnya, ia bisa mempercepat regenerasi hemoglobin, yang kemudian membuatnya menjadi cara yang aman dan alami untuk mengatasi masalah pengeroposan tulang dan juga anemia. Berkat kandungan seng yang tinggi dan selenium di dalamnya juga bisa mencegah penyakit neurodegeneratif.

5. Baik untuk Jantung

Karena mengandung kadar magnesium yang tinggi, susu ini juga baik untuk kesehatan jantung. Magnesium di dalamnya akan menjaga detak jantung normal dan mencegah kumpulan gumpalan darah yang meningkatkan level kolesterol.

Selain itu, magnesium juga akan bekerja sama dengan Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Jumlah magnesium dalam susu kambing etawa bahkan ditemukan lebih banyak daripada dalam susu sapi.

6. Membantu Tidur lebih Nyenyak

Asam amino triptofan yang terkandung pada susu kambing akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon ini tidak hanya berfungsi untuk mengatur suasana hati, tapi juga merangsang bagian otak yang mengendalikan waktu bangun dan tidur.

Jika tubuh Anda tahu kapan waktu bangun tidur dengan baik, tentu siklus tidur akan membaik. Anda bisa memulai tidur dengan mudah dan tidur sepanjang malam dengan nyenyak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru