8 Cara Mudah Mengajarkan Anak Minum Obat Tablet atau Kapsul

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Si kecil belum bisa minum obat tablet? Coba lakukan beberapa Cara ini untuk Mengajarkan Anak agar terbiasa Minum obat tablet atau kapsul.

INDIFFS.COM – Penting diketahui bagi semua orang tua cara untuk mengajarkan anak agar bisa minum obat tablet atau kapsul. Karena pasalnya tak jarang, ketika anak sakit dan pergi ke klinik untuk diperiksa, dokter kerap memberikan obat yang berbentuk tablet atau kapsul.

Mungkin bagi orang dewasa meminum obat kapsul atau tablet adalah hal mudah. Tapi bagi anak, ini merupakan hal yang tidak mudah atau sulit. Biasanya agar anak mau meminum obat tersebut, orang tua sering menghancurkan dan melarutkannya dengan air. Hal ini dilakukan agar mudah dikonsumsi oleh anak.

Namun, siapa sangka ternyata ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak terbiasa minum obat tablet atau kapsul.

Cara Mengajarkan Anak Minum obat

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa trik mengajari anak agar bisa menelan obat kapsul atau tablet.

1. Berlatih Menggunakan Permen Kecil

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar anak bisa minum obat tablet, ialah dengan mencoba berlatih dengan menggunakan permen yang berukuran kecil. Permen kecil ini diperumpamakan sebagai obat.

Setelah itu, coba mintalah anak untuk meletakkan permen tersebut di ujung tenggorokan. Kemudian mintalah untuk menelannya dengan bantuan larutan air. Apabila anak telah berhasil minimal dua kali, kemungkinan ia akan bisa mengonsumsi obat kapsul atau tablet.

2. Berlatih dengan Membatasi Waktu

Ketika anak baru memulai belajar minum obat tablet, cobalah untuk belajar dan berikan waktu setidaknya lima-sepuluh menit. Hal ini dilakukan agar anak tidak merasa tertekan dan stress. Untuk itu, pilihlah waktu ketika santai dan tidak terburu-buru.

3. Berikan Contoh Minum Obat Dihadapan Anak

Memang mengajari anak agar bisa minum obat tablet bukanlah hal yang mudah. Untuk itu jika anak belum paham, cobalah berikan contoh cara minum obat dihadapan anak. Kamu juga mempraktekkan  dengan meletakkan obat di ujung, lalu mengambil seteguk air. Kemudian miringkan atau mendongakkan kepala dengan sedikit hentakan kecil kemudian telan.

4. Coba Untuk Memberikan Air Terlebih Dahulu

Selanjutnya coba untuk mengambil seteguk air dan menahannya di dalam mulut. Setelah itu, mintalah ia menatap ke atas lalu memasukkan obat ke sudut mulutnya. Jika obat sudah berada di dalam mulut, mintalah untuk menelannya dengan posisi masih menatap keatas.

5. Berikan Hadiah

Jika anak telah berhasil menelan obat tablet atau kapsul dengan cara diatas, cobalah untuk berikan hadiah padanya. Hal ini dilakukan sebagai apresiasi terhadap anak untuk setiap kemajuannya. Kamu juga bisa memberikan hadiah mulai dari hal kecil seperti stiker lucu, mainan, camilan yang disukai atau lainnya. Dengan ini, ditujukan supaya anak mengerti bahwa kamu menghargai proses yang mereka jalani, apa pun hasilnya.

6. Gunakan Ukuran Permen yang Lebih Besar

Apabila anak sudah berhasil menelan permen dengan menggunakan bantuan air saja, cobalah untuk tingkatkan ukuran permen menjadi sedikit lebih besar. Ini bertujuan agar bisa meminum obat tablet, karena mengingat tidak semua ukuran obat sama. Ketika berlatih baiknya gunakan permen sebagai percobaan, dan sebaiknya hindari dengan menggunakan obat langsung.

7. Gunakan Dengan Bantuan Jeli atau Pisang

Apabila anak masih tidak bisa meminum obat tablet atau kapsul, cobalah untuk bungkus obat dengan kue, jeli atau pisang. Kemudian meletakkannya di dalam mulut dan menelannya dengan bantuan air. Ini juga dilakukan agar rasa pahit obat tidak begitu terasa.

8. Jangan Memaksa

Jika anak masih tidak mau mencoba untuk meminum obat tablet atau kapsul, ada baiknya jangan memaksanya. Karena ini memang wajar jika mereka takut, ragu, atau tidak suka sehingga proses belajar nya berlangsung lambat. Sebaiknya juga orang tua jangan langsung memarahi nya, karena ini akan membuatnya tidak trauma untuk mengulangi nya. Hingga pada akhirnya anak tidak mau mencoba untuk berlatih.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengajarkan pada anak agar bisa minum obat tablet atau kapsul. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru