Apa Itu Hypophrenia? Menangis Tanpa Sebab yang Sering Dialami

Admin 0 Komentar

Kamu sering menangis tanpa sebab? Kenali bahwa hal ini bisa disebut dengan istilah Hypophrenia. Untuk itu, berikut penjelasan selengkapnya!

INDIFFS.COM – Kerap kali terjadi pada sebagian orang tiba-tiba menangis tanpa alasan. Perlu diketahui, itu tandanya berarti seseorang tersebut sedang mengalami Hypophrenia atau hipofrenia. Memang, istilah ini mungkin masih asing terdengar di telinga masyarakat umum.

Namun, istilah ini sering dikaitkan dengan keadaan mental seseorang. Karena biasanya, ketika seseorang mengalami hal yang menyenangkan ia akan merasa bahagia. Sebaliknya, bila sedang mengalami kejadian yang tidak diharapkan ia akan merasa sedih. Itu berarti, menangis adalah salah satu bentuk emosi yang ditunjukkan oleh seseorang yang sedang mengalami kesedihan maupun kebahagiaan.

Akan tetapi, istilah Hipofrenia ini sering dialami oleh seseorang yang tiba-tiba menangis dan menjadi sedih tanpa alasan. Biasanya, ini merupakan bentuk perasaan emosional manusia yang sebenarnya merupakan respon terhadap suatu keadaan yang menimpa diri sendiri.

Lantas apa sebenarnya itu Hypophrenia? Mengapa ini bisa terjadi tanpa sebab begitu saja? Jika ini terjadi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut akan kami bahas di bawah ini!

Apa Itu Hypophenia?

Hypophrenia atau menangis tanpa sebab ini adalah situasi dimana seseorang merasakan perasaan yang begitu emosional dan merasakan kesedihan yang berlebihan, melebihi ambang batas seharusnya. Karena situasi ini, seseorang bisa menangis meskipun tanpa pemicu yang bisa menjadi penyebabnya.

Adapun menurut seorang Psikolog Rena Masri M.Psi, mengatakan bahwa hypophrenia ini adalah kondisi gangguan mental yang dialami oleh seseorang yang sering menangis dan merasa sedih secara tiba-tiba tanpa adanya alasan jelas yang melatarbelakanginya.

Tentunya, jika menurut para ahli, menangis secara tiba-tiba tanpa alasan bisa menjadi indikasi masalah yang mendasar pada kondisi fisik dan mental. Itulah mengapa kondisi ini juga tidak bisa disepelekan.

Penyebab Hypophrenia

Berikut ada beberapa penyebab terjadinya seseorang yang sering kali membuat seseorang menangis tanpa alasan.

1. Kecemasan

Tentunya seseorang yang memiliki gangguan kecemasan berlebih akan cenderung memikirkan satu hal dan terlalu fokus pada hal tersebut. Sehingga, seseorang yang memiliki gangguan kecemasan ini akan memikirkan nya secara terus menerus.

Bahkan, seseorang yang memikirkan kecemasan berlebih, akan membuat dirinya merasa kelelahan, baik secara mental ataupun psikis. Sehingga, tak jarang orang yang mengalami kecemasan berlebih ini sering menangis secara tiba-tiba, karena saking terlalu mengkhawatirkan.

2. Kesedihan Mendalam

Kesedihan ini mungkin kerap terjadi pada sebagian orang, biasanya ini terjadi saat seseorang kehilangan sosok atau sesuatu yang dianggap penting atau berharga baginya. Terkadang seseorang bisa mengalami kesedihan mendalam dan berlarut-larut yang tidak kunjung membaik. seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang tiba-tiba menangis atau menangis tanpa sebab.

3. Depresi

Ketika seseorang sedang merasakan stres atau depresi, karena masalah atau perihal yang diakibatkan oleh banyak hal, meskipun tidak disadari akan timbul perasaan cemas dan juga khawatir. Perasaan cemas inilah yang pada akhirnya membuat seseorang merasakan sedih.

Bahkan, jika seseorang tersebut telah berada pada tingkatan tertinggi dalam masa stres, hingga depresi, maka rasa cemas akan datang. Kondisi ini lah yang sering membuat seseorang menangis secara tiba-tiba.

4. PMS (Premenstrual Syndrome) Pada Perempuan

Biasanya kondisi ini sering terjadi pada wanita umumnya. Tentu, sebelum PMS terjadi, sering mengalami gejala-gejala yang membuat beberapa bagian tubuh terasa sakit, terutama pada perut dan pinggul.

Rasa sakit tersebutlah yang dapat membuat seseorang merasakan sedih dan menangis tanpa alasan yang jelas. Hal ini dikarenakan adanya perubahan yang dialami selama masa PMS ini berlangsung.

5. Kelelahan

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat seseorang menangis tanpa sebab ialah karena kelelahan.
Kelelahan mental maupun fisik ini sering dialami seseorang saat mengalami stres yang berlebihan dan berkepanjangan.

Tentunya hal ini, dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur emosi negatifnya, dan bisa dapat menyebabkan tangisan bahkan emosi secara tiba-tiba.

6. Organic Brain System (OBS)

OBS ini merupakan suatu situasi dan kondisi dimana gangguan yang terjadi pada fisik seseorang, dan bisa menyebabkan adanya penurunan terhadap fungsi mental dalam diri. Tentunya apabila kondisi ini terjadi pada seseorang, ia akan mudah menangis secara tiba-tiba.

Ini karena, OBS sangat berpengaruh dan masuk ke dalam kategori kondisi fisik yang dapat menyebabkan perubahan pada mental. Biasanya OBS ini sering terjadi pada orang yang telah lanjut usia.

Cara Mengatasi Hypophrenia

Memang menangis merupakan hal yang wajar, akan tetapi jangan terlalu berlebihan. Karena, jika menangis tidak di kontrol, ini akan terjadi secara terus menerus. Untuk itu, cobalah beberapa tips berikut, agar tidak mudah mengalami sedih atau menangis secara tiba-tiba.

1. Cerita Dan Curahkan Pada Teman Terdekat

Menangis tanpa alasan ini bisa disebabkan karena ada beberapa permasalahan yang dipendam dalam diri. Sehingga, ini dapat membuat seseorang tersebut mudah menangis, karena tidak bisa melupakan emosinya.

Untuk itu, cobalah bercerita dan curahkan sahabat atau teman terdekat. Karena dengan cara ini, setidaknya ia akan membantu kamu dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Dengan berbagi cerita juga menjadi salah satu solusi paling ampuh untuk meringankan depresi dan kesedihan yang mendalam.

2. Tersenyumlah

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan tersenyum. Meski terbilang sederhana, tersenyum dapat mengubah mood kamu yang mudah menangis menjadi ceria kembali.

Hal ini diperjelas dengan studi-studi yang mengatakan bahwa tersenyum sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi seseorang. Sehingga, dengan tersenyum tubuh akan teralihkan pada perasaan damai sehingga dapat menjadi pencegah keluarnya tangisan.

3. Menerima Hal yang Membuatnya Bersedih

Cara selanjutnya yang harus dilakukan agar tidak mudah sedih secara tiba-tiba ini ialah dengan menerima hal yang membuatnya bersedih. Karena tak jarang ketika seseorang yang tiba-tiba menangis itu disebabkan karena tidak rela dan tidak bisa menerima kepergian seseorang. Sehingga rasa sedih ini muncul secara tiba-tiba.

Untuk itu, terimalah bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai yang kamu inginkan. Serta, perlu diingat bahwa bahagia merupakan suatu pilihan. Sehingga jika kamu terus-menerus dan terlarut dalam kesedihan, kamu tidak akan merasakan bahagia.

Itulah beberapa penjelasan kenapa orang menangis bisa tanpa sebab atau Hypophrenia. Mungkin, setelah kamu membaca penjelasan di atas, kamu bisa memahami mengapa seseorang bisa menangis secara tiba-tiba.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru