Buah Penambah Darah Untuk Mengatasi Anemia, Mudah Didapat

Dini NHaH 0 Komentar

Anemian bisa menyebabkan rasa letih lesu, susah bernapas, dan mengganggu aktivitas sehari-harimu. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi buah penambah darah.

indiffs – Anemia merupakan kondisi saat tubuh kekurangan darah, atau lebih tepatnya sel darah merah. Kondisi ini tentu saja merugikan karena artinya, aliran oksigen ke seluruh organ tubuh menjadi terhambat. Nah, untuk mengatasi anemia, ada sejumlah buah penambah darah yang bisa kamu konsumsi.

Inilah daftar buah untuk tambah darah yang perlu kamu ketahui, terlebih kamu yang memang sedang atau pernah mengalami anemia.

1. Pisang

Buah Pisang

Buah Pisang – Grid.ID

Pisang menjadi salah satu buah yang banyak disukai masyarakat. Selain buahnya yang mudah didapatkan, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal memiliki karbohidrat, kalium, dan magnesium yang sangat tinggi.

Kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang memengaruhi produksi darah dalam tubuh.

2. Stroberi

Buah Stroberi

Buah Stroberi – DKYLB

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini dapat meningkatkan kapasitas antioksidan di dalam darah. Selain itu, buah stroberi juga dapat mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas, sehingga digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit lainnya.

3. Apel

Buah Apel

Buah Apel – Liputan6.com

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apel juga bisa menjadi salah satu penambah darah untuk kesehatan. Apel menjadi sumber zat besi yang dibutuhkan untuk merangsang jumlah hemoglobin dalam darah.

4. Jeruk

Buah Jeruk

Buah Jeruk – Jovee

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk agar penyerapan zat besi bisa berjalan lebih optimal.

5. Semangka

Buah Semangka

Buah Semangka – detikFood

Semangka mengandung zat besi yang cukup banyak sehingga buah ini juga cocok untuk dikonsumsi kamu yang menderita anemia. Sepotong semangka ukuran sedang saja diklaim mengandung sekitar 1,5 gram zat besi.

Zat besi sendiri merupakan mineral yang memiliki peran penting dalam produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi pun sering dikaitkan dengan anemia.

6. Buah Delima

Buah Delima

Buah Delima – SehatQ

Buah delima memiliki kandungan zat besi, vitamin A, C, dan E. Tidak hanya itu, meskipun jarang dikonsumsi sebagai buah sehari-hari, delima memiliki zat asam karbinat yang mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh.

Selain dapat mencegah anemia, buah yang memiliki rasa manis dan asam ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit sendi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba buah delima agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

Nah itulah beberapa buah yang sebagai penambah darah untuk mengatasi anemia, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru