Cara Meningkatkan Keamanan HP Android, Perhatikan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Mencegah berbagai kemungkinan celah kejahatan online dengan beberapa langkah sederhana, berikut ini untuk meningkatkan keamanan HP Android.

Indiffs – Android menghadirkan berbagai mekanisme pertahanan dan keamanan melalui sistem keamanan Android Security Online untuk melindungi para penggunanya ketika mengakses internet. Meskipun begitu, bukan jaminan pasti bahwa beberapa langkah perlindungan keamanan Android Security online ini akan mengamankan aktivitas online. Namun, setidaknya dapat mencegah berbagai kemungkinan celah kejahatan online dengan beberapa langkah sederhana berikut ini untuk meningkatkan keamanan HP Android.

Cara Meningkatkan Keamanan HP Android

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan keamanan HP Android:

1. Google Play Protect

Google Play Protect adalah sebuah aplikasi anti-malware untuk melakukan pemindaian setiap aplikasi yang didownload dan install, baik melalui Play Store maupun melalui sumber lainnya. Fitur ini bekerja terus 24 jam dan memastikan aplikasi, bahkan update baru dari aplikasi yang sudah terpasang tetap bebas dari malware jahat.

Google Play Protect

Google Play Protect – Indiffs

Google Play Protect sudah diaktifkan sejak pertama kali membeli HP Android. Untuk memastikannya, Anda bisa pergi ke Setelan > Keamanan > Google Play Protect. Jika tampilannya seperti gambar diatas, berarti Android anda sudah aman. Jika anda menyentuh icon gear pada pojok kanan atas, maka Anda bisa melihat pengaturan lainnya untuk Google Play Protect.

2. Hindari Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Instal Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Instal Aplikasi Dari Sumber Terpercaya – Indiffs

Hindari instalasi atau pengunduhan aplikasi dari sumber-sumber yang tidak terpercaya. Apalagi aplikasi-aplikasi berbayar yang diunduh dari pihak ketiga atau cenderung ke aplikasi bajakan. Pasalnya, kita tidak mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah disusupi virus atau belum.

3. Kurangi Mengakses Wifi Publik

Mengakses Wifi

Mengakses Wifi Publik – Istimewa

Sebisa mungkin untuk mengurangi akses terhadap WiFi publik. WiFi publik memang banyak dicari karena gratis. Namun ada konsekuensi yang menanti di baliknya, yaitu orang lain bisa mengakses perangkatmu dengan mudah. Maka dari itu, sebaiknya gunakan WiFi pribadi atau paket data pribadi.

4. Gunakan Lock Screen

Gunakan Lock Screen

Gunakan Lock Screen – Indiffs

Pastikan untuk menggunakan lock screen atau keamanan pada HP Anda. Dalam keadaan fitur pass lock pada HP Android ini tidak diaktifkan. Jadi, segera aktifkan karena dengan fitur sederhana ini, seandainya HP Android hilang, orang yang menemukan perangkat ini tidak bisa menggunakannya.

Untuk keamanan ekstra, Android secara otomatis mengunci HP Anda ketika ada sidik jari yang tidak dikenal mencoba masuk. Tergantung dari model Android anda, ada 3 opsi yang bisa anda gunakan yaitu pola, pin dan sandi.

5. Gunakan Anti-Virus

Anti-Virus

Anti-Virus – Indiffs

Sebagian perusahaan sudah memasang antivirus bawaan. Namun jika handphone-mu belum memilikinya, segera pasang ya. Lakukan pemindaian dengan rutin agar kamu bisa mengantisipasi serangan virus dan malware.

6. Uninstal Aplikasi yang Jarang Digunakan

Uninstal Aplikasi

Uninstal Aplikasi Yang Jarang Digunakan – Indiffs

Jangan ragu untuk mencopot atau uninstal aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Selain mempercepat kinerja HP, menghapus aplikasi tersebut juga bisa mengurangi risiko serangan malware. 

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan keamanan pada HP Android yang dapat Anda lakukan dengan mudah, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru