Cara Merawat Wajah Remaja Yang Mudah Untuk Dilakukan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Merawat kulit wajah harus dimulai sejak menginjak remaja. Tapi, cukup melakukan tahapan skincare yang sederhana saja seperti berikut ini

Indiffs – Perlu diketahui, merawat kulit wajah harus dimulai ketika menginjak remaja. Akan tetapi, pada usia remaja tidak perlu berlebihan dalam menggunakan produk skincare, cukup lakukan tahapan skincare yang sederhana saja. Di usia remaja, perawatan wajah yang diutamakan adalah menggunakan produk tabir surya pada pagi hari.

Tips Merawat Wajah Remaja

Cara perawatan wajah ini membantu kulit agar terhindari dari masalah yang biasanya dialami saat remaja yaitu kulit berminyak dan berjerawat. Adapun beberapa langkah merawat wajah remaja yang bisa dilakukan, simak berikut ini:

1. Mencuci Muka dengan Rutin

Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah. Jika sebelumnya menggunakan make up, bersihkan wajah dengan cairan pembersih make up, seperti cleansing oil atau cleansing milk.

Lalu, lanjutkan dengan tahapan mencuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan. Gunakan sabun pembersih wajah ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.

Jangan menggosok wajah terlalu keras karena bisa memperparah kondisi kulit yang sedang dialami. Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut. Cara merawat kulit remaja ini perlu dilakukan 2 kali sehari, terutama jika kulit sangat berminyak atau kotor, yakni pada pagi dan malam hari, serta setelah berolahraga atau berkeringat.

Hindari sabun cuci muka berbahan dasar scrub apabila kulit kering dan sensitif. Scrub dapat membuat kulit iritasi dan semakin kering akibat gesekan butirannya. Sebagai pengganti, kamu bisa pakai sabun cuci muka yang meminimalisir friksi/gesekan berlebih.

2. Gunakan Toner

Ketika selesai mencuci wajah, cara merawat wajah untuk remaja adalah melanjutkan penggunaan toner. Fungsi toner di sini adalah untuk memastikan kotoran dan minyak berlebih di wajah benar-benar terangkat dan mempersiapkan kulit sebelum kamu melanjutkan step skincare berikutnya.

3. Gunakan Pelembab

Menggunakan pelembab bermanfaat sebagai langkah untuk merawat kulit remaja. Pemakaiana pelembab atau moisturizer mampu membuat kulit tetap sehat dan terbebas dari permasalahan kulit. Tetapi gunakanlah pelembab yang memiliki tekstur tidak berminyak atau encer agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori diwajah selama beraktivitas sehingga dapat menimbulkan komedo. Komedo dapat menyumbat pori-pori dan membuat timbulnya jerawat. Oleskanlah pelembab tepat setelah mengoleskan obat wajah berjerawat.

4. Gunakan Sunscreen

Merawat kulit wajah remaja yang selanjutnya adalah selalu menggunakan sunscreen sebelum melakukan aktivitas. Sunscreen merupakan hal yang paling penting karena paparan sinar matahari dapat memicu kulit jadi tampak lebih gelap, kering serta kusam. Tidak hanya itu, paparan sinar UV dari matahari juga bisa menyebabkan munculnya penuaan dini dan kanker kulit.

Penggunaan sunscreen jadi tahap yang cukup penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.  Pilihlah produk yang menggunakan SPF minimal 30 dan rutin pakai tiap hari agar bisa terbebas dari efek buruk paparan sinar matahari.

5. Melakukan Eksfoliasi Wajah

Cara agar wajah tidak kusam saat di sekolah ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan berseri alami. Produk apapun boleh, asalkan bisa membantu mengangkat sumbatan pori-pori dan sel kulit mati. Namun, pastikan memilih produk yang sifatnya ringan atau tidak terlalu keras untuk kulit remaja. Lakukan eksfoliasi wajah ini tiap seminggu sekali secara rutin agar wajah tidak kusam.

6. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat menyamarkan noda atau flek hitam pada wajah akibat jerawat. Pilihlah jenis masker wajah dengan kondisi kulit. Misalnya sheet mask untuk kulit kering, sedangkan clay mask untuk kulit yang cenderung berminyak dan berjerawat. Gunakan masker wajah secara rutin jangan sampai terlewat supaya haslinya terlihat.

Manfaat menggunakan masker wajah dapat membantu memperbaiki pori-pori, menghidrasi kulit, meratakan warna dan tekstur kulit yang juga meningkatkan sekresi kelenjar keringat sehingga meningkat kandungan oksigen pada kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya ketika menggunakan masker.

Itulah beberapa cara untuk merawat kulit wajah pada remaja, pastikan untuk mengatur pola makan juga. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang kaya akan vitamin ke pola makan harian dan jangan lupa untuk cukup konsumsi air putih untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru