Cara Mudah Mengatasi Gas Air Mata, Jangan Dibiarkan Bahaya!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebaran partikel beracun akibat Gas Air Mata. Simak penjelasannya berikut ini!

INDIFFS.COM – Penggunaan Gas air mata ini seringkali dilakukan oleh kepolisian untuk memukul mundur massa. Strategi itu dianggap efektif dalam membubarkan kerumunan, karena bisa menyebabkan mata serta erea wajah dan kulit perih. Memang gas air mata memang tidak memberikan efek yang panjang, tetapi menghilangkan dampak dari gas air mata sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan sebagai cara mengatasi pertama agar mencegah beragam gejala yang bisa membahayakan kesehatan akibat gas air mata.

Cara Mengatasi Gas Air Mata

Untuk itu lakukan cara berikut untuk mengatasi gas air mata:

Menutup Hidung, Mata, dan Mulut

Ketika kamu terkena gas air mata, baik secara sengaja maupun tidak, usahakan tetap tenang, jangan panik. Tutuplah hidung, mata dan mulut kamu agar gas tersebut tidak masuk ke dalam tubuh. Lari dan menjauhlah dari lokasi tersebut. Jika perlu meminta bantuan petugas kesehatan sekitar.

Bilas degan Air Bersih

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan terhadap mata yang terkena gas air mata ialah dengan membilas nya menggunakan air bersih. Cara ini diduga menjadi cara yang paling efektif karena mampu membersihkan gas yang menempel pada area wajah terutama mata. Jika mata terkena gas air mata dan tidak segera ditangani ini akan memicu terjadinya penyakit berbahaya lainnya seperti infeksi kornea pada mata.

Jangan Menggosok Mata

Jika pengeluaran gas air mata baru saja terjadi, sebaiknya hindari menggosok mata kamu. Karena apabila gas yang menempel pada tangan atau baju terkena mata, itu akan menyebabkan gas air mata masuk pada mata dan akan mengaktifkan kristal gas air mata. Sehingga, akan terjadi gangguan penglihatan pada mata. Untuk itu, bilas saja menggunakan air bersih tanpa harus menggosoknya.

Hindari Penggunakan Sabun Cuci Muka

Apabila kamu telah terkena gas air mata, sebaiknya hindari penggunaan sabun muka pada saat mencuci wajah. Akan tetapi, bilaslah dengan air bersih terlebih dahulu dan pastikan hingga bersih. Jika sudah dipastikan bersih kamu bisa mencuci nya dengan sabun muka.

Karena, jika penggunaan langsung dengan sabun muka mungkin ini partikel partikel gas akan terkontaminasi dengan kandungan sabun muka. Sehingga apabila ini dilakukan, akan menyebabkan kulit kamu mudah iritasi dengan itu sebaiknya penggunaan sabun cuci muka setelah terkena gas air mata dihindari.

Jauhkan Dari Pakaian yang Terkontaminasi

Jika baju terkena gas air mata sebaiknya harus cepat cepas di lepas dan diganti. Pisahkan pakaian yang terkena gas air mata saat kamu akan mencuci baju nya agar gas yang menempel tidak menyebar melalui air rendaman. Bahkan, jika perlu buang jauh jauh karena gas cukup sulit dihilangkan, jika dibiarkan mungkin ini akan terkontaminasi dengan benda benda sekitar.

Mandi Menggunakan Air Mengalir

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika telah mengalami semprotan gas air mata, sebaiknya mandi menggunakan air mengalir. Serta hindari mandi sambil merendam, karena ini akan membuat bahan kimia yang menempel karena gas air mata bisa ikut terendam. Sehingga, pastikan untuk langsung membersihkan badan dengan air yang mengalir tanpa harus berendam.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gas air mata agar tidak memberikan dampak buruk pada tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru