Doa Ketika Mendengar Kabar Ada Orang Yang Meninggal Dunia

Wiwin Indriani 0 Komentar

Sebagai umat muslim, sudah sewajarnya memanjatkan doa ketika mendengar kabar bahwa ada orang yang meninggal dunia.

INDIFFS.COM – Kematian bisa datang kapan saja dan tanpa kita duga. Sebagai umat muslim, sudah sewajarnya kita memanjatkan doa ketika mendengar kabar bahwa ada orang yang meninggal dunia dan memberikan rasa simpati kepada keluarga yang ditinggalkan.

Mendoakan dan bertakziyah dalam Islam adalah hak saudara sesama muslim. Seperti halnya hadis Nabi dalam kitab Sahih Muslim yang menjelaskan tentang hak sesama muslim. Salah satunya mendoakan dan bila mampu, bertakziyah.

Rasulullah SAW bersabda:

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟، قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطِسَ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Haqqulmuslimi ‘alalmuslimisittu qiila: maa hunna yaa rasuulallahu?, qoola: idzaa laqiitahu fasallam ‘alaihi, waidzaa da’aaka faajibhu, waidzaas tanshohaka fanshoh lahu, waidzaa ‘athisa fahamidallaahu fa syammithu, waidzaa maridho fa’udhu, wa idzaa maa ta faatta bi’hu

Artinya: “Hak orang muslim atas lainnya ada enam perkara yakni, bila bertemu maka ucapkanlah salam kepadanya, bila diundang maka penuhilah, bila minta nasihat (kebaikan) maka berikah nasihat, bila dia bersin dan membaca hamdalah maka doakanlah (yarhamukallah dan orang yang bersin membalas doa yahdikallah), bila ia sakit maka jenguklah dan bila ia meninggal maka iringkanlah.” (HR. Muslim).

Doa Mendengar Kabar Orang Meninggal

Berikut ini terdapat doa-doa untuk kita panjatkan ketika mendengar kabar bahwa ada orang yang meninggal dunia:

1. Mengucap Kalimat Istirja

Di dalam Islam, kita di ajarkan mengucap kalimat istirja. Bacaannya yaitu:

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un 

Artinya: sesungguhnya kami itu milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Allah SWT.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 155-156.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ . اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Wa lanabluwannakum bisyai’im minal-khaufi wal-juu’i wa naqsim minal-amwaali wal-anfusi was-samaraat, wa basysyiris-saabiriin. Allaziina izaa asaabat-hum musiibah, qaaluu innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’un

Artinya: “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali).”

2. Dalam Kitab Al-Adzkar

Doa ini termaktub dalam kitab Adzkar Imam Nawawi. Kita bisa memanjatkan ini sebagai bentuk doa agar almarhum di berikan tempat terbaik di sisi-Nya sekaligus mengingatkan kita tentang kematian yang hanya Allah yang tahu. Doa ini juga menyiratkan tentang harapan dan perlindungan kepada keluarga yang di tinggalkan. Berikut ini bacaan doanya:

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، اللهم اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي المُحْسِنِيْنَ، وَاجْعَلْ كِتَابَه فِي عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي أَهْلِهِ فِي الغَابِرِيْنَ،وَلاَتَحْرِمنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa Rabbina lamunqalibuun, allahumma uktubhu ‘indaka fi al-muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fi al-ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrahu walaa taftinnaa ba’dahu.

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatan nya di ‘illiyyin. Berikanlah ganti kepada keluarga yang ditinggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

Nah, itulah doa yang bisa kita panjatkan ketika mendengar kabar bahwa ada orang yang meninggal dunia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru