Jadi Ucapan Tahun Baru Imlek, Ternyata Ini Arti ‘Gong Xi Fa Cai’

Resa Azzahra 0 Komentar

Gong Xi Fa Cai menjadi ungkapan kata saat hari perayaan tahun baru Imlek. Lantas apa arti di balik istilah Gong Xi Fa Cai tersebut?

INDIFFS.COM – Setiap perayaan Tahun Baru Imlek yang sering di ucapkan adalah ‘Gong Xi Fa Cai‘. Tak sedikit juga, orang-orang etnis Tionghoa merayakan Imlek dengan menggantungkan hiasan dan pernak-pernik tahun baru dengan menuliskan kata harapan dan penyemangat dalam bahasa Mandarin.

Perayaan tahun baru Imlek sendiri jatuh pada hari Minggu (22/01/2023) menjadi momen perayaan penting bagi etnis Tionghoa. Bagi mereka perayaan ini merupakan wujud rasa syukur bagi masyarakat atas seluruh rezeki, pencapaian dan hal baik yang terjadi di tahun sebelumnya. Dalam hal ini bisanya mereka mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada keluarga atau teman, baik secara langsung maupun di ucapkan melalui kartu ucapan dan pesan teks.

Momen ini sangat berharga bagi orang Etnis Tionghoa, sebab disinilah mereka dapat berkumpul bersama keluarga tertentu, menjadi momen tepat untuk mengucapkan harapan dan saling mendoakan.

Arti ‘Gong Xi Fa Cai’

Ungkapan yang sering disebutkan ‘Gong Xi Fa Cai‘, ternyata tidak mengandung ungkapan Tahun Baru. Beberapa orang percaya jika istilah tersebut berfokus pada keuntungan material dari pada semangat kebersamaan. Namun nyatanya, kata ini diungkapkan agar ada keuntungan dan kesejahteraan sepanjang tahun sehingga keceriaan di hari itu dapat bertahan selama setahun penuh.

Banyak juga kalangan lebuh suka mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le yang artinya Selamat Tahun Baru di momen Imlek. Kata ini merupakan cara untuk mengucapkan selamat dalam bahasa China kepada teman tanpa merujuk uang, materi atau finansial. Sementara Kuai le berarti bahagia atau gembira, dan Xin nian berarti tahun baru.

Jadi arti kata Gong Xi Fa Cai sendiri yakni “Selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran”. Sebagai doa demi keberkahan atau kekayaan untuk tahun yang akan datang. Namun, jika kamu ingin menyampaikan selamat bisa ucapkan ‘Nian Kuai Le‘  yang artinya selamat tahun baru.

Demikianlah arti dari kata yang sering digunakan saat tahun baru Imlek. Semoga dapat membantu dan bermanfaat yah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru