Jangan Salah! Ini Cara Memilih Pisang yang Baik Dikonsumsi

Resa Azzahra 0 Komentar

Pisang adalah jenis buah-buahan yang sering diolah menjadi makanan lezat. Untuk itu, simak cara memilih pisang yang baik untuk dikonsumsi!

INDIFFS.COM – Dalam membuat suatu adonan dari bahan pisang, kita tidak boleh asal dalam memilih pisang yang baik untuk dikonsumsi. Ada berbagai hidangan yang dapat kita buat dari bahan pisang ini, salah satunya yakni Gorengan Pisang.

Buah pisang sendiri kaya akan nutrisi, yakni kandungan vitamin dan protein. Selain nutrisi, pisang kaya akan serat dan rendah akan gula.

Meski begitu, tingkat kematangan dan kualitas pisang dapat memengaruhi cara pengolahan atau penyajiannya menjadi olahan pisang goreng maupun lainnya.

Cara Memilih Pisang yang Baik

Bagi kamu yang ingin mengolah pisang dan membelinya di sebuah pasar, hendaknya jangan salah memilih. Sebab, belum tentu produk tersebut memiliki kualitas yang. Untuk mengetahui lebih banyak wawasan, yuk simak caranya berikut ini:

  • Pilih Pisang Segar

Adapun beberapa tanda dimana pisang dengan kondisi segar, diantaranya memiliki warna hijau. Warna hijau, menandakan bahwa pisang tersebut masih segar dan belum lama dipetik dari pohon. Hendaknya hindari pisang berwarna kuning atau kecoklatan, kemungkinan sudah lama dan cepat membusuk.

  • Perhatikan Kulit Pisang

Pilihlah pisang dengan kulit berwarna kuning cerah merata. Artinya, tak ada bagian yang hitam ataupun kecoklatan. Cek juga apakah ada bintik hitam pada bagian kulitnya apa tidak, maka pilihlah yang bersih.

Sebab, pisang dengan warna kulit kuning cerah dipadukan dengan sedikit bintik coklat menandakan bahwa pisang sudah matang dan manis.

  • Tekan dan Raba Kulit Pisang

Ketika memperhatikan kulitnya, kamu perlu meraba dan tekan kulit pisang. Pisang matang cenderung empuk, lembut dan mulus ketika diraba. Sedangkan pisang yang belum matang, lebih keras ketika ditekan.

Pisang yang belum matang sempurna juga memiliki kulit yang kasar dengan pori-pori yang padat, warnanya pun kusam dan buram.

  • Cium Aromanya

Kita bisa mengetahui aroma pisang yang akan kita beli dengan mengendus ujung atau mengupasnya. Pisang yang sudah matang umumnya memiliki aroma tajam dan manis, sebaliknya pisang yang belum matang memiliki aroma samar.

  • Hindari Pisang Memar

Pastikan pisang tidak memiliki bintik berwarna gelap, kusam, dan memar. Apalagi jika kulit pisang sampai terbelah. Jika kulit pisang sudah memunculkan tanda itu, maka pisang di dalamnya sudah terlalu matang bahkan hampir busuk. Sebab, rasa dari pisang itu menjadi kurang segar ketika diolah.

  • Pilih Pisang di Udara Terbuka

Sebaiknya, saat memilih pisang perlu disimpan di udara terbuka. Hindari membeli pisang yang disimpan di kondisi yang terlalu panas atau terlalu dingin karena buah yang satu ini terbilang sensitif terhadap suhu ekstrem.

  • Perhatikan Jenis Pisang yang Akan diolah

Dalam pengolahan pisang, tentunya tidak boleh asal menggunakan pisang. Disini ada beberapa jenis yang perlu diperhatikan, yakni:

  1. Pisang raja memiliki aroma yang khas dan kuat. Aroma inilah yang membuat gorengan menjadi lebih menggiurkan. Teksturnya pun aga lembek, lembut dan dengan kulit yang tebal, teman-teman.
  2. Pisang kepok bisa dijadikan sajian pisang goreng crispy. Tekstur daging pisang kepok sedikit keras, padat, namun empuk dan legit rasanya. Tentunya dengan kematangan yang pas.
  3. Jenis pisang nangka ini bisa dijadikan sebagai pisang goreng. Tekstur daging pisang nangka ini tidak terlalu lembek, sehingga tidak cocok dikonsumsi langsung dan justru cocok untuk digoreng.
  4. Jenis pisang tanduk ini memiliki tekstur yang keras namun tetap lembut sehingga nikmat disantap sebagai gorengan. Jika pisang ini sudah matang, maka kita akan melihat kulit pisang yang gelap dan berbintik hitam.

Nah, sekarang sudah bisa membedakan pisang matang dan belum, kan? Pilih pisang dengan tingkat kematangan sesuai kebutuhanmu ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru