7 Cara Mengatasi Keracunan Makanan, Jadi Pertolongan Pertama!

Resa Azzahra 0 Komentar

Keracunan makanan sering kali terjadi saat kita membeli makanan diluar dengan sembarangan, maka wajib untuk mengetahui cara mengatasi nya.

INDIFFS.COM – Keracunan makanan sering kali terjadi saat kita membeli makanan atau minuman diluar dengan sembarangan. Cara untuk mengurangi atau mengatasi dampak keracunan makanan, kamu perlu menerapkan kebersihan diri, seperti sering mencuci tangan, sayuran dan buah, atau memasak dengan suhu yang tepat.

Tetapi jika kamu maupun anggota keluarga mengalami keracunan makanan, perlu mengetahui beberapa kiat-kiat mengatasinya. Apabila dibiarkan keracunan makanan bisa bertambah parah, bahkan bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Untuk itu, jangan pernah meremehkan jika sudah muncul gejala keracunan. Segeralah lakukan pertolongan pertama, seperti beberapa cara berikut ini:

1. Banyak Minum Air Putih

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan memberikan cairan yang cukup, seperti air putih, oralit atau campuran air putih dengan gula sebanyak 2 sendok teh dan setengah sendok teh garam. Selain itu, kamu juga bisa minum air kelapa untuk mengatasinya.

Air kelapa sendiri mengandung sejumlah eletrolit yang jauh lebih banyak ketimbang air putih biasa, karena kandungan zat dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang semua racun dalam saluran pencernaan.

2. Minum Susu

Meminum susu juga ternyata ampuh dalam mengatasi keracunan makanan. Pasalnya, susu bisa mengikat racun dalam saluran pencernaan dan merangsang penderita untuk muntah, sehingga racun dapat keluar dan tidak beredar dalam tubuh. Susu sebaiknya tidak diberikan apabila penderita sudah mengalami diare.

4. Perbanyak Tidur

Gejala yang kamu alami selama keracunan dapat membuat tubuh terasa lemas dan lunglai. Maka, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasinya dengan perbanyak tidur. Cara ini baik bagi tubuh untuk mengisi ulang energi. Beristirahat juga menjadi cara bagi tubuh untuk melawan infeksi dan memperbaiki jaringan serta sel tubuh yang rusak, sehingga membuat kamu lebih cepat pulih dari sakit.

5. Mengonsumsi Teh Jahe

Akar jahe merupakan bahan pokok dalam praktik pengobatan tradisional dari berbagai budaya. Bahan ini ampuh dapat meredakan mual. Maka jika mengonsumsi teh nya, kemungkinan tubuh akan lebih baik dan sehat dari sebelumnya.

Tak hanya teh jahe, mint juga sebuah bahan ramuan yang menurut para praktisi pengobatan dapat menenangkan perut. Ini mungkin memiliki aplikasi penglihatan rasa sakit khusus untuk usus. Minum teh juga dapat membantumu tetap terhidrasi melawan rasa sakit.

6. Beri Makanan Ringan

Jangan panik dulu ketika kamu mengalami keracunan makanan, sebab hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit, roti, maupun pisang. Sebelum mengonsumsi makanan ringan, sebaiknya pastikan lebih teliti apakah makanan tersebut aman dikonsumsi apa tidak. Hal ini untuk mencegah kondisi keracunan yang jauh lebih parah.

7. Cara untuk Bayi

Cara untuk bayi ini dari beberapa sumber terpercaya. Kamu bisa langsung berikan apa pun yang biasa dikonsumsi nya. Misalnya ASI atau susu formula. Berikan ASI lebih sering dan lebih lama dari biasanya. Kamu juga bisa memberi bayi minuman elektrolit dari oralit mengikuti takaran dokter sesuai berat badan

Demikianlah beberapa cara atau kiat-kiat mengatasi keracunan makanan sebagai pertolongan pertama. Akan tetapi jika tidak berhasil, coba langsung datang ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru