7 Cara Mengatasi TikTok Error Paling Ampuh, 100% Berhasil!

Admin 0 Komentar

Aplikasi TikTok yang mengalami error merupakan hal biasa dan wajar terjadi. Makanya, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi TikTok Error.

INDIFFS.COM – Sebagaimana aplikasi atau layanan berbasis online, TikTok tidak kebal dari masalah atau error. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi TikTok yang Error paling ampuh.

Hampir setiap pengguna TikTok pernah mengalami masalah error seperti aplikasi tidak bisa dibuka, freezing atau tampilan tidak berubah meski sudah menekan beberapa fitur di aplikasi, crashing atau tiba-tiba aplikasi tertutup dengan sendirinya, dan lagging atau aplikasi berjalan lebih lamban dari biasanya.

Cara Mengatasi TikTok Error

Aplikasi TikTok yang mengalami error merupakan hal biasa dan wajar terjadi. Tidak hanya TikTok saja, aplikasi lain terkadang juga mengalami error tanpa tahu apa yang menjadi penyebabnya. Beberapa masalah error pada aplikasi TikTok yang sering dialami pengguna, seperti aplikasi tidak bisa dibuka, aplikasi keluar sendiri, aplikasi tidak bisa membuat video, tidak bisa login akun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut deretan cara mengatasi TikTok error:

1. Cek Kapasitas Memori Ponsel

Mengatasi TikTok down yaitu dengan memastikan penyimpanan atau memori ponsel yang kamu gunakan masih memiliki ruang / space yang memadai.

Aplikasi TikTok memerlukan RAM (Random Acces Memory) yang cukup besar. Tidak hanya TikTok, seluruh aplikasi yang kamu gunakan akan menggunakan RAM selama beroperasi. Jika kapasitas penyimpanan ponsel tinggal sedikit (biasanya bar akan berwarna merah) maka dapat menyebabkan aplikasi TikTok lemot atau susah dibuka karena kurangnya ruang penyimpanan pada ponsel.

2. Update Aplikasi TikTok

Langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa aplikasi TikTok yang terinstall di HP kamu merupakan versi terbaru. Jika belum versi terbaru, silahkan lakukan update melalui Playstore atau Appstore.

Dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, kamu akan mendapatkan beberapa fitur tambahan yang belum ada di aplikasi versi lama. Selain itu, bug-bug yang ada diversi lama juga sudah diperbaiki di aplikasi versi terbaru. Berikut adalah tutorial update aplikasi TikTok :

  • Buka aplikasi Playstore atau Appstore
  • Cari aplikasi TikTok
  • Klik Update
  • Tunggu hingga proses update selesai

3. Hapus Cache Aplikasi

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menghapus file cache aplikasi. Seperti yang kita tahu, sistem android akan menyimpan file cache secara otomatis ketika pengguna menjalankan suatu aplikasi tertentu. File cache ini sendiri berguna untuk mempercepat loading aplikasi pada penggunaan di momen kedua dan seterusnya.

Meskipun cukup bermanfaat, namun ternyata file cache juga bisa menjadi penyebab aplikasi error, termasuk juga pada aplikasi TikTok. File cache yang menumpuk membuat aplikasi bermasalah, misalnya tidak bisa login atau aplikasi tidak bisa dibuka. Untuk menghapus cache aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP android
  • Pilih opsi Aplikasi
  • Cari dan klik aplikasi TikTok
  • Masuk ke opsi Penyimpanan
  • Terakhir klik Hapus Cache / Hapus Memori

4. Restart Aplikasi TikTok

Pada saat aplikasi digunakan, aplikasi tersebut akan menggunakan RAM untuk bekerja. Jika aplikasi dijalankan secara bersamaan, maka secara otomatis RAM yang digunakan semakin besar. Agar aplikasi TikTok tidak error, coba restart aplikasi TikTok dengan cara:

  • Tutup aplikasi TikTok yang sedang digunakan
  • Klik recent apps lalu klik tombol X pada aplikasi TikTok
  • Klik menu Hapus Semua untuk menghapus seluruh aplikasi dari daftar recent apps
  • Setelah itu, buka kembali aplikasi TikTok seperti biasa

5. Cek Jaringan Internet

Kadangkala masalah TikTok error karena di jaringan internet. Silakan check jaringan internet kamu apakah tersambung dengan stabil atau tidak. Bisa saja kuota data seluler habis, ataupun sambungan wifi yang terkendala.

6. Jangan Gunakan TikTok MOD

Demi menambahkan fitur yang tidak ada di aplikasi resminya, pada akhirnya banyak orang yang membuat sendiri fitur-fitur tersebut ke dalam aplikasi. Aplikasi tersebut sering disebut dengan aplikasi MOD. Meskipun aplikasi MOD memiliki fitur-fitur tambahan, akan tetapi aplikasi tersebut tidak lah resmi.

Jika pada saat ini aplikasi TikTok yang kamu gunakan adalah aplikasi TikTok MOD, maka segera hapus aplikasi tersebut dan gunakan aplikasi TikTok yang original. Karena sebenarnya penggunaan aplikasi TikTok MOD itu dilarang oleh pihak TikTok.

7. Gunakan Ponsel yang Mendukung

Menggunakan perangkat yang memadai justru menjadi faktor yang mempengaruhi apakah aplikasi TikTok bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Perangkat yang memadai identik dengan ukuran RAM yang memadai, sistem yang bagus, dan kapasitas penyimpanan (storage) yang cukup.

Sebaliknya, ponsel yang kurang mendukung dari segi penyimpanan atau versi OS-nya akan menyebabkan gangguan seperti crash, delay atau force close pada aplikasi TikTok.

Demikian penjelasan terkait cara mengatasi aplikasi TikTok yang error, semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru