Fakta World Cup 2022 Qatar, Pertama Kali Digelar di Negara Islam!

Hani Hnsa 0 Komentar

Terdapat fakta menarik World Cup 2022 yang akan diadakan di negara Qatar, Negara Islam, untuk pertama kalinya dalam sejarah.

INDIFFS.COM – Kompetensi sepak bola bergengsi Piala Dunia akan diadakan di timur Tengah untuk pertama kalinya dalam sejarah. Terdapat fakta menarik World Cup 2022 yang diadakan di negara Qatar, negara Islam.

Pertandingan Qatar vs Ekuador akan menjadi partai pembuka Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Al khor. Kick off duel perdana ini akan berlangsung pukul 23.00. Sebanyak 32 tim akan berpartisipasi di turnamen yang berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Fakta Menarik World Cup 2022

Di luar kemegahan gelaran Piala Dunia 2022, ternyata banyak fakta unik terkait pelaksanaan pesta bola kelas dunia tahun 2022. Melansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta menarik:

1. Piala Dunia Musim Dingin Pertama

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia akan diadakan selama musim dingin. Tidak seperti edisi FIFA sebelumnya, iklim gurun yang intens di Qatar memaksa perubahan dalam norma sepak bola. Memindahkan jadwal musim panas tradisional Piala Dunia ke musim dingin untuk pertama kalinya dalam sejarah.

2. Piala Dunia Termahal

Fakta yang menarik perhatian Piala Dunia 2022 di Qatar yaitu jumlah uang yang dikeluarkan negara tuan rumah untuk persiapan ajang ini. Menurut perkiraan, Qatar menghabiskan 200 miliar dolar AS untuk proyek infrastruktur yang meliputi pembangunan stadion, jalan, hotel dan sebagainya. Oleh sebab itu, Piala Dunia Qatar menjadi salah satu kompetensi sepak bola termahal dalam sejarah.

3. Stadion Ber-AC

Qatar merupakan negara dengan suhu yang tinggi saat siang hari. Qatar pun memberanikan diri untuk menyediakan stadion ber AC. Seluruh stadion di Qatar akan ber AC dan memberikan kenyamanan bagi para penggemar.

4. Stadion Paling Sedikit

Fakta unik lainnya tentang Piala Dunia di Qatar adalah jumlah stadion yang akan dipakai. Hanya delapan venue yang disiapkan Qatar untuk menjadi tuan rumah turnamen 2022, yang merupakan jumlah terendah untuk piala dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Faktanya, dari delapan venue yang dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen, hanya satu yang di renovasi secara menyeluruh. Sementara, untuk tujuh lainnya dibangun dari awal.

5. Turnamen Terpendek

Seluruh rangkaian pertandingan di Qatar akan berlangsung selama 29 hari dan menjadi Piala Dunia terpendek sejak edisi di Argentina 1978.

Dengan demikian, panitia penyelenggara harus memeras empat pertandingan hampir setiap hari di sepanjang babak penyisihan grup. Sebagian besar Piala Dunia dalam beberapa edisi terakhir berlangsung tiga hari lebih lama.

Jeda babak penyisihan grup ke babak fase gugur juga berlangsung amat singkat. Babak 16 besar akan digelar sehari setelah babak penyisihan grup usai.

6. Jumlah Pengunjung

Seperti dilansir dari fifaworldcupmania.com, Piala Dunia 2022 akan mengukir rekor jumlah pengunjung di akhir kompetisi. Namun, bisa diperkirakan akan ada lebih dari 1,5 juta penonton dari seluruh dunia akan memasuki Qatar selama Piala Dunia FIFA.

Lokasi geografis Qatar yang mudah diakses oleh banyak negara menjadi salah satu alasan mengapa turnamen kali ini memiliki jumlah pengunjung yang besar. Selain itu, visa bisa didapatkan dengan mudah dan harga tiket pesawat yang terbilang murah.

7. Berkumandang Adzan Menjelang Opening Ceremony

Adzan berkumandang menjelang opening ceremony Piala Dunia Qatar. Acara ini dilaksanakan sebelum pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara tuan rumah Qatar dan Ekuador. Namun, menjelang pertandingan terdengar sayup-sayup adzan. Itu merupakan azan Maghrib pada pukul 16.44 waktu Al Khor dan sekitarnya.

8. Pembacaan Al-Quran di Opening Ceremony

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar tak hanya diisi dengan gegap gempita. Dalam acara yang juga dimeriahkan oleh Jungkook BTS tersebut, pembacaan ayat suci Al-Quran juga dilakukan. Seorang difabel bernama Ghanim AlMuftah adalah sosok yang mencuri perhatian publik dengan suara merdunya. Pria yang menjadi brand ambassador Piala Dunia FIFA itu adalah seorang difabel.

9. Larangan Berpakaian Seksi

Sesuai dengan syariat Islam, negara yang berada di Jazirah Arab itu mengimbau turis asing non-muslim yang datang menonton Piala Dunia 2022 agar mengenakan pakaian yang sopan. Pemerintah Qatar melarang penonton berpakaian seksi dan para perempuan diwajibkan menutupi bahu dan lututnya.

10. Larangan Mengibarkan Bendera Pelangi

Bendera pelangi yang identik dengan komunitas LGBT dilarang dikibarkan di Qatar. Homoseksual dianggap tindakan yang ilegal di negara yang menerapkan syariat Islam itu. Jika melanggar, bersiap dengan tiga tahun penjara bahkan kematian sebagaimana UU resmi yang berlaku di negara tersebut.

11. Alkohol

Masih dalam menerapkan syariat Islam, meminum alkohol diatur secara ketat oleh Pemerintah Qatar, tempat berlangsungnya Piala Dunia 2022. Dengan demikian, jangan harap ada banyak gerai minuman beralkohol di berbagai sudut kota di Qatar.

Menariknya, Budweiser yang merupakan merek bir asal Amerika Serikat menjadi salah satu sponsor terbesar ajang empat tahunan itu. Usai kompromi alot dengan pihak sponsor, akhirnya pemerintah setempat mengizinkan penyajian bir di dalam stadion selama pertandingan dan beberapa lokasi yang ditentukan.

Demikian deretan fakta unik termasuk larangan pakaian seksi hingga alkohol untuk turis asing selama Piala Dunia 2022 Qatar.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru