Fixed Mindset: Pengertian, Ciri-Ciri, Kekurangan Serta Kelebihan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Setiap manusia pasti ada yang memiliki pola pikir fixed mindset. Berikut penjelasan fixed mindset ciri-ciri kekurangan dan kelebihannya.

INDIFFS.COM – Setiap manusia diciptakan istimewa, unik, dan khas. Masing-masing tentu memiliki kepribadian dan cara berpikir yang berbeda. Nah, kamu mungkin sudah mendengar pola pikir fixed mindset. Simak penjelasan berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Pengertian

Fixed mindset atau pola pikir tetap merupakan cara berpikir tentang kecerdasan dan kemampuan diri sendiri sebagai sesuatu yang pasti. Artinya tidak bisa diubah dari lahir sampai tutup usia. Mindset ini sangat fokus kepada hasil daripada proses. Jadi, sebuah usaha yang tidak mendatangkan hasil yang sesuai harapan, dianggap sia-sia bahkan merupakan sebuah kegagalan.

Mereka yang punya pola pikir fixed mindset selalu beranggapan bahwa bakat adalah sesuatu yang mutlak. Orang-orang dengan pola pikir seperti ini percaya bahwa kecerdasan serta bakat mereka tidak perlu dikembangkan lagi untuk menuju pada kesuksesan. Selain itu, orang yang punya pola pikir ini juga selalu melihat hasil dari kesuksesan seseorang.

Pola pikir tetap dapat menyebabkan pemikiran negatif. Misalnya, seseorang dengan mindset tetap mungkin gagal dalam suatu tugas dan percaya itu karena mereka tidak cukup pintar untuk melakukannya.

Jika kamu menjadikan fixed mindset sebagai pilihan pola pikir kamu, maka hal tersebut akan menahan kamu untuk melakukan hal-hal besar yang mengarah pada perubahan positif dalam diri kamu.

Ciri-Ciri

Orang-orang dengan fixed mindset percaya bahwa sifat individu tidak dapat berubah, tidak peduli seberapa banyak usaha yang dilakukan. Adapun ciri-ciri orang yang memiliki pola pikir fixed mindset yaitu berikut ini:

  • Cenderung menghindari sebuah tantangan
  • Berkecil hati setelah kegagalan atau penolakan
  • Mudah menyerah
  • Mengabaikan umpan balik orang lain
  • Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain
  • Menyembunyikan kekurangan agar tidak dihakimi orang lain
  • Percaya bahwa berusaha tidak ada artinya
  • Merasa kalah saat menghadapi persoalan yang rumit

Kekurangan Dan Kelebihan

Meskipun dikatakan tidak baik untuk perkembangan diri dan karier, fixed mindset tetap memiliki sisi baik dan buruknya. Berikut ini kekurangan dan kelebihan fixed mindset:

Kekurangan

Berikut ini kekurangan memiliki pola pikir fixed mindset:

1. Kesulitan Beradaptasi

Karena mereka sudah menetapkan apa yang akan dilakukan, pola pikir mereka sudah tidak bisa diubah sama sekali. Ketika sesuatu yang di luar dugaan terjadi, mereka akan kesulitan untuk beradaptasi.

2. Tidak Dapat Mengetahui Potensi Maksimal

Jika memiliki fixed mindset, kamu mungkin tidak dapat mengetahui potensi maksimal dirimu sendiri. Karena begitu kamu terjebak dengan keyakinan yang membatasi diri, kamu mulai percaya bahwa tidak ada lagi yang dapat kamu kerjakan.

3. Kemungkinan Besar Tidak Ada Mimpi yang Bisa Dicapai

Bagi orang dengan pola pikir ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Tanpa keinginan untuk berubah dan beradaptasi, hal yang akan didapatkan oleh mereka hanya kekecewaan tanpa henti karena banyak sekali yang tidak sejalan dengan harapan.

Kelebihan

Selain kekurangan, tentu pola pikir tetap ini juga memiliki kelebihan. Berikut ini kelebihan fixed mindset:

1. Pekerjaan Menjadi Lebih Mudah

Mindset yang satu ini bisa membuat seseorang berhenti merasa khawatir tentang ide-ide kreatif dan hal lain di luar pekerjaannya. Artinya tidak perlu ada proses mengira-ngira sesuatu yang bisa memperlambat proses mencapai tujuan.

Tidak ada membuang-buang waktu untuk melakukan berbagai macam percobaan demi menemukan jalan yang lebih efektif. Semuanya sudah jelas dan pekerjaan menjadi lebih mudah karena sudah ada alurnya sendiri.

2. Tidak Mengambil Risiko yang Mungkin Membuat Gagal

Fixed mindset selalu menetapkan lebih dulu apa yang akan dilakukan dan bertahan dengan cara yang aman. Untuk menemukan orang dengan pola pikir ini di lingkungan masyarakat, bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pasalnya, dia cenderung merendahkan orang lain saat berkomunikasi. Seperti halnya seseorang dapat menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasannya, seseorang juga mampu mengubah fungsi otak dan pola berpikir nya.

Itulah pengertian, ciri-ciri, kekurangan serta kelebihan dari pola pikir tetap.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru