Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh, Bukan Lalapan Biasa!

Admin 0 Komentar

Daun singkong sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini seringkali daunnya diolah menjadi aneka menu masakan.

indiffs – Daun singkong merupakan salah satu sayuran paling umum yang sering kita temukan di masakan Indonesia. Mulai dari dijadikan lalapan di nasi padang, gulai, ataupun ditumis.

Sayur daun dari tanaman umbi ini sering dikreasikan karena selain mudah didapat dan terjangkau, rasanya pun cocok dengan lidah masyarakat di Tanah Air. Daun singkong ini pun memiliki gizi yang banyak loh. Daun yang satu ini bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial dapat membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh beraktivitas.

2. Membantu Mengatasi Radang Sendi

Kandungan mineral magnesium yang cukup memiliki manfaat untuk mengatasi radang sendi. Kandungan mineral ini merupakan keempat terbanyak di dalam tubuh. Mineral ini menawarkan banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin, protein dan mineral berfungsi efektif menjaga sistem metabolisme tubuh. Sehingga mengonsumsi daun singkon secara teratur dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh

Asam amino essensial merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembeharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

5. Penambah Darah

Sayuran ini merupakan penambah darah yang sangat ampuh untuk menambah darah jika anda sedang terkena anemia. Anemia merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Penyakit ini dapat membuat tubuh seseorang menjadi mudah lelah, pusing hingga nyeri dada.

6. Membantu Memenuhi Kebutuhan Protein

Kadar protein dalam daun singkong ternyata cukup tinggi. Bahkan, jumlah total asam amino essensial pada protein daun singkong sama dengan yang terdapat pada telur ayam. Artinya, kandungan protein ini lebih besar dari daun bayam, keledai, oat, hingga bulir padi.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Beta karoten di dalamnya memberikan manfat yang baik bagi fungsi kognitif kamu. Manfaat pada otak ini diperoleh setelah mendapatlan suplemen beta karoten dalam jangka panjang, yaitu rata-rata 18 tahun.

Demikian beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru