Perbedaan Smart TV dan Android TV, Serupa Tapi Tak Sama!

Resa Azzahra 0 Komentar

Serupa tapi tak sama, inilah perbedaan Smart TV dan Android TV yang tidak boleh keliru. Berbeda dari segi fiitur hingga desainnya!

INDIFFS.COM – Penggunaan TV tabung dan analog kini semakin tersingkirkan dengan adanya Smart TV dan Android TV dipasaran. Banyak orang keliru dan kurang memahami akan perbedaan elektronik seperti halnya Smart TV dan Android Tv, keduanya memang serupa, tapi tak sama. Terlebih, bagi mereka yang tidak terlalu paham akan teknologi.

Mengenai keduanya, dilihat secara fisik kedua TV tersebut sangat mirip., bahkan dapat dikatakan jika TV Android merupakan jenis smart TV. Namun, ada sedikit perbedaan dari sisi teknologi dan fitur bawaannya. 

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Agar dapat menentukan mana TV yang cocok untuk dipasang dirumah, maka perlu pahami terlebih dahulu perbedaan antara kedua TV tersebut. Berikut ini perbedaan diantara keduanya:

Smart TV

Smart TV merupakan televisi yang tak hanya dapat digunakan untuk menonton TV biasa pada umumnya, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan dalam hal hiburan dari film. TV ini juga dikenal sebagai internet dengan menyediakan program tambahan melalui konektivitas internet. Jenis TV ini memiliki ragam fitur utama yang dapat membedakan dari perangkat TV biasa.

Fitur ini dapat digunakan untuk menonton film apapun melalui sebuah situs Streaming tertentu. Memiliki beberapa aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube atau Facebook yang sudah dipasang sebelumnya. Salah satu keunggulannya yakni adanya koneksi internet dengan WiFi. Ditambah lagi dengan TV ini dapat digunakan untuk melakukan browsing di internet dengan sangat mudah.

Android TV

Android TV pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2014 silam dengan berbagai fitur canggih. Fiturnya hampir sama dengan Smart TV, keduanya dapat terhubung ke internet. Bedanya, TV Android dilengkapi dengan aplikasi bawaan, seperti Smartphone Android yang saat ini kita gunakan. Dengan begitu, TV Android dibekali dengan sistem operasi serta prosesor yang lebih canggih.

Perbedaan lainnya, TV ini dapat terhubung dengan akun android smartphone. Selain itu juga, ada banyak fitur layanan Streaming seperti Neftlix, Hooq, HBO, Viu dan banyak lainnya. TV tersebut juga dapat melakukan browsing internet lebih cepat dan baik jika dibandingkan dengan Smart Tv pada umumnya. Berbeda dengan Smart TV, TV ini memiliki fitur mirroring yang tersambung dengan smartphone. Jadi, aktivitas di dalam smartphone dapat tampil ke layar TV. 

Itulah perbedaan mendasar dari Smart TV dan Android TV, pasalnya Smart TV tidak bisa mengakses Google PlayStore. Sedangkan untuk Android TV mendapatkan akses seluas-luasnya untuk mengeksplorasi dan menjalankan Google PlayStore.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru