Sering Keringat Berlebih? Ini 8 Penyebab yang Perlu Diwaspadai!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ketahui beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab keluarnya keringat berlebih pada tubuh kamu. Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

INDIFFS.COMProduksi keringat bisa sangat bergantung pada aktivitas kamu dan kondisi cuaca. Namun di luar itu, ada pula beberapa penyebab yang dapat memengaruhi produksi keringat seseorang berlebih dari pada biasanya.

Bahkan sekalipun berada di ruangan ber-AC keringat tetap saja muncul. Tentu, dalam hal ini perlu diperhatikan, bahwasanya hal tersebut bisa menjadi tanda adanya suatu gangguan pada kesehatan.

Terlebih, jika keringat keluar lebih banyak tanpa sebab. Pasalnya hal tersebut juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan memicu stres dan cemas.

Penyebab Keringat Berlebih

Keringat berlebihan pasti akan membuat penampilan tidak maksimal dan cenderung bakal membuat bau badan. Untuk itu, penting untuk memahami apa saja yang menyebabkan kamu mudah berkeringat.

1. Faktor Genetik

Penyebab pertama yang dapat membuat keringat dalam tubuh keluar lebih banyak dari pada biasanya ialah karena faktor genetik. Karena memang pasalnya produksi keringat yang berlebihan seringkali tidak diketahui pasti. Itulah mengapa ini kemungkinan menjadi salah satu faktor penyebabnya.

2. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Obesitas, kelebihan berat badan atau overweight, merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan produksi keringat berlebihan. Hal ini karena, pada tubuh obesitas lemak tersimpan jaringan lemak yang tebal menyimpan panas lebih banyak. Terlebih pada daerah yang memiliki lipatan kulit.

Nah, tubuh obesitas juga perlu membakar lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, Semakin banyak energi yang terbakar, semakin meningkat pula suhu tubuh dari panas yang dihasilkan.

3. Hipertiroidisme

Ini merupakan jenis kondisi ketika kelenjar tiroid terlalu banyak memproduksi hormon tiroksin. Yang mana, kondisi ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga berat badan terus turun meskipun kamu makan seperti biasa.

Nah, produksi ini juga akan dapat menambah pembentukan panas dalam tubuh. Al hasil seseorang dapat merasa kepanasan dan lebih sering berkeringat. karena suhu tubuh meningkat.

4. Menopause

Penyebab selanjutnya ialah karena mengalami menopause pada perempuan. Hal ini karena, menopause akan menyebabkan perubahan hormon-hormon pada tubuh yang akan berdampak pada hormon tiroksin yang mengatur suhu tubuh.

Karena, bertambahnya hormon, akan membuat metabolisme dan produksi panas dalam tubuh semakin meningkat. Sehingga hal ini menjadi hot flashes dan produksi keringat yang berlebihan pada perempuan menopause.

5. Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang termasuk dalam kelompok gangguan sistem endokrin. Karena sistem endokrin mencakup berbagai kelenjar dan hormon, maka diabetes akan berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh.

Selain itu, salah satu sistem yang diatur oleh hormon ialah pengaturan suhu. Nah, jika sistem ini terganggu, maka produksi keringat juga terkena dampaknya.

6. Efek Vaksinasi atau Infeksi

Siapa sangka nyatanya penyakit infeksi menjadi hal yang dapat menyebabkan keluarnya keringat lebih disertai demam. Bahkan, keringat dingin dan demam pun sering dialami ketika sudah melakukan vaksinasi. Nah, hal ini menandakan bahwa sistem imun Anda sedang bekerja untuk membuat antibodi.

7. Gula Darah Rendah

Gula darah yang rendah terkadang dapat menjadi penyebab keringat keluar secara berlebihan. Bahkan, jika kamu menggunakan insulin atau mengonsumsi obat diabetes seperti gliclazide, kamu mungkin juga akan berkeringat pada malam hari.

8. Kondisi Lain

Selain beberapa penyebab diatas, kondisi lainpun dapat menyebabkan terjadinya keringat berlebih pada tubuh, seperti:

  • Disautonomia (kondisi medis akibat masalah pada sistem saraf otonom),
  • Stres psikologis yang sangat parah,
  • Konsumsi antidepresan bupropion,
  • Tumor jinak pada kelenjar adrenal, serta
  • Penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan.

Nah, itulah beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab keluarnya keringat berlebih pada tubuh kamu. Semoga dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, bisa dijadikan pelajaran agar lebih baik lagi terutama dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru