Inilah 5 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui!

Admin 0 Komentar

Melon merupakan nama buah yang termasuk labu-labuan atau cucurbitaciae. Tumbuhan ini sifatnya merambat, dengan tekstur buah yang lembut.

Indiffs – Melon merupakan nama buah yang termasuk labu-labuan atau cucurbitaciae. Tumbuhan ini sifatnya merambat da menjalar, daunnya berbentuk menjari dan tekstur buahnya lembut, berair serta putih sampai merah.

Manfaat melon bagi kesehatan ternyata belum banyak diketahui banyak orang, melon memiliki rasa manis dan hampir 95% mengandung air. Kandungan air yang banyak pada buah ini bisa menuntaskan dahaga dan dapat dijadikan jus atau dijadikan camilan yang segar ketika cuaca sedang panas. Selain manis dan menyegarkan, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Buah ini memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, mampu memberikan dampak yang positif untuk kesehatan. Ada beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah ini.

Beberapa jenis kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah ini termasuk kalium, asam folat, protein, beta-karoten dan magnesium. Buah ini juga merupakan salah satu di antara sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Dengan berbagai kandungannya, tak diragukan lagi perihal manfaat melon. Memperbanyak konsumsi buah ini sangat disarankan bagi Anda yang ini menjalani pola hidup sehat.

Berikut 5 manfaat buah melon bagi kesehatan adalah:

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi ini terjadi bila tubuh Anda kekurangan cairan sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. Selain minum air putih, satu lagi cara mudah untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya seperti buah melon ini.

Dua potong melon pun sudah mengandung 159 gram air, atau setara dengan setengah gelas air. Berbagai mineralnya pun dapat memulihkan elektrolit dalam tubuh Anda. Jadi agar tidak kekurangan lagi cairan, Anda bisa mengkonsumsi buah ini sebagai camilan.

2. Menurunkan tekanan darah

Pola makan yang banyak seperti mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan tekanan darah serta penyakit jantung. Terlebih lagi makanan yang Anda konsumsi rendah natrium dan kaya akan kalium.

Kalium dalam buah ini dapat membantu menyeimbangkan kembali volume darah. Dengan begitu, tekanan darah berangsur menurun.

3. Memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil

Selama kehamilan,ibu memerlukan asupan vitamin dan mineral yang lebih dari biasanya. Ibu hamil mungkin juga sedang berada pada kondisi terbaiknya karena sistem imun yang cenderung lebih lemah.

Kalium pada buah ini dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, vitamin C memperkuat sistem imun, dan vitamin B6 mendukung pertumbuhan tulang belakang janin.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Buah in i dapat menjadi solusi bagi Anda yang susah buang air besar, karena manfaat ini tidak lain berasal dari kandungan air dan serat pada melon. Asupan air dan serat akan membuat feses lebih berisi, tapi cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Buah ini mengandung vitamin B6 yang membantu merangsang pembentukan serotonin. Serotonin yaitu zat kimia otak dengan banyak fungsi, diantaranya membuat mood stabil, menimbulkan rasa bahagia, dan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Vitamin B6 juga memicu produksi melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk pada malam hari.

 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru