Tanda-Tanda Kamu Mengalami Burnout Dalam Hubungan Asmara

Wiwin Indriani 0 Komentar

Burnout terjadi akibat dari stres emosional dan ketegangan dalam suatu hubungan. Kenali tanda-tanda burnout dalam hubungan asmara berikut ini

INDIFFS.COM – Tidak hanya dalam hal pekerjaan, burnout juga bisa terjadi dalam hubungan asmara. Burnout sendiri dapat disebabkan oleh apapun yang terlalu membebani kamu secara emosional. Apabila kamu dan pasangan merasakan hal ini, bisa jadi bahwa hubungan mu memasuki fase burnout.

Tanda-Tanda Burnout dalam Hubungan

Burnout terjadi sebagai akibat dari periode stres emosional dan ketegangan dalam suatu hubungan. Seseorang mungkin memperhatikan bahwa mereka mulai takut menghabiskan waktu atau berinteraksi dengan pasangannya.

Hingga pada akhirnya, ketidakbahagiaan ini dapat menyebabkan seseorang runtuh dan kehilangan energi untuk lebih mempertahankan hubungan mereka. Berikut ini adalah tanda-tanda burnout dalam hubungan asmara:

1. Hilang Harapan

Ketika kamu sudah mulai merasa kehilangan harapan, cukup sedih, dan kecewa dengan kencan-kencan yang tak kunjung memberikan hasil, sehingga kamu merasa siap untuk sepenuhnya menyerah, maka ini jadi petanda bahwa kamu harus beristirahat. Dalam kondisi ini, kamu merasa bahwa tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari pasangan. Jika berkencan terasa seperti ini, maka pertimbangkanlah untuk beristirahat.

2. Hubungan Mulai Merasa Renggang

Sebuah jarak mulai tercipta diantara kamu dan pasangan. Kamu menyadari sepenuhnya, namun anehnya kamu kehilangan minat untuk menghubungkan kembali ikatan yang cukup renggang. Segala sesuatu tentangnya juga tidak lagi membuatmu merasa gembira.

Apabila hal tersebut menggambarkan kondisi mu saat ini, kemungkinan besar kamu mulai burnout. Hari-hari dengannya kini terasa lebih hampa dan kegiatan yang dilakukan bersamanya lebih terlihat sebagai beban alih-alih terasa menyenangkan.

3. Sering Bertengkar

Konflik dalam jumlah tertentu adalah normal dalam hubungan apapun, bahkan bisa menjadi indikator positif. tetapi ketika pertengkaran berubah menjadi tidak terkontrol dan melampiaskannya sampai pada titik dimana kamu tidak lagi mendengarkan satu sama lain. Hal ini menjadi sebuah kekhawatiran baru yang harus kamu perhatikan.

4. Tidak Ada Motivasi

Motivasi merupakan salah satu hal agar menjalin hubungan yang harmonis. Namun sayangnya, motivasi biasanya menurun seiring lamanya hubungan yang dijalani. Nah, ketiadaan motivasi ini juga bisa menjadi pertanda burnout dalam hubungan asmara.

Motivasi tidak harus soal mimpi-mimpi besar, apa pun yang membuatmu bersemangat dalam menjalani hubungan asmara dengan pasangan adalah hal yang tak ternilai harganya.

5. Merasa Terganggu oleh Perilaku Pasangan

Tanda lain dari burnout dalam hubungan asmara, yaitu kamu mulai merasa terganggu oleh perilaku dan kebiasaan pasangan mu. Tingkah laku yang dulu terkesan imut dan manis bagimu, kini terasa menyebalkan. Kamu bahkan meminta pasangan mu untuk mengubah perilaku hanya karena kamu tidak menyukai nya.

6. Mudah Teralihkan

Salah satu tanda burnout adalah mudah teralihkan perhatiannya. Seseorang mungkin memperhatikan bahwa mereka tidak lagi tertarik dengan apa yang dikatakan pasangannya atau mereka benar-benar keluar selama percakapan. Ini bisa berbahaya bagi hubungan karena sejumlah alasan termasuk fakta bahwa komunikasi yang sehat tidak lagi digunakan untuk menyelesaikan masalah atau mengungkapkan perasaan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru