Apa Itu Emophilia? Istilah yang Sempat Viral di Sosial Media!

Resa Azzahra 0 Komentar

Banyak orang yang ingin mengetahui apa itu emophilia. Emophilian sendiri adalah seseorang yang mudah jatuh cinta. Yuk simak berikut ini!

INDIFFS.COM – Apa itu emophilia? Istilah yang pernah booming di sosmed, terutama di aplikasi TikTok. Emophilia adalah kondisi dimana seseorang mudah merasakan jatuh cinta. Bahkan, seseorang dengan emophilia yang tinggi bisa merasakan jatuh cinta pada waktu yang bersamaan dengan orang yang berbeda.

Seseorang dengan emophilia umumnya akan merasa langsung cocok bahkan dengan orang yang ia baru temui. Hal ini dapat mendorong mereka untuk langsung menyatakan perasaan nya, bahkan pada pertemuan pertama. Mereka umumnya akan sadar bahwa mereka dengan mudah jatuh cinta. Bahkan terkadang menyadari bahwa mereka jatuh cinta pada beberapa orang sekaligus.

Dapat dikatakan jika seseorang dengan emophillia dapat membahayakan dirinya sendiri. Karena, mereka akan sulit menyadari adanya tanda bahaya yang ada pada calon pasangannya. Hal ini membuat mereka berisiko terjebak ke dalam hubungan beracun (toxic).

Tentunya dengan terlalu mudah jatuh cinta memiliki banyak dampak dan risiko yang akan di rasakan. Salah satunya seperti berikut ini:

  • Terlalu memikirkan pasangan hingga merasa cemas dan bahagia dalam waktu bersamaan
  • Memiliki pengalaman percintaan yang tidak sehat
  • Kehidupan yang mudah berubah seiring dengan bergantinya pasangan
  • Merasa perlu mengubah kebiasaan sesuai dengan pasangan

Cara Mengatasi Emophilia

Jika kamu dapat jatuh cinta dengan cepat, kamu dapat atasi dengan beberapa cara ini agar tidak mudah untuk memberikan perasaan sembarangan. Selain perlu menahan diri, kamu dapat mencoba beberapa cara ini:

1. Ciptakan Batasan

Batasan dalam sebuah hubungan tentunya sangat penting, dengan memberikan batasan kepada orang lain dalam hal perasaan akan membuatmu jauh lebih baik. Pasalnya, hal ini juga berdampak pada kesehatan. Cobalah untuk membuat waktu sendiri dan jauh dari lawan jenis. Cara ini akan membuatmu jauh lebih tenang.

2. Pedulikan Diri Sendiri

Jika kamu memang sangat mudah untuk jatuh cinta, ketahuilah bahwa sekarang adalah saatnya untuk kamu mengutamakan dirimu sendiri. Kamu perlu mencintai dan memahami dirimu sebelum mencintai orang lain. Fokus pada diri sendiri dan pikirkan hak lain yang juga tak kalah penting, seperti mengejar pendidikan, karier maupun pekerjaan. Tempatkan dirimu pada hal utama.

3. Jujur Pada Diri Sendiri

Mungkin bertemu dengan orang baru terkadang menjadi salah satu hal yang menarik bagi orang yang mudah jatuh cinta, sehingga tak jarang jika kita menjadi tertarik dengan hal baru, dan bisa merasakan akan adanya cinta. Akan tetapi cobalah untuk jujur pada diri sendiri dan menilai apakah perasaan itu muncul hanyalah karena sebuah rasa penasaran atau bukan. Perasaan seperti ini umumnya hanya akan bertahan sebentar saja.

4. Sibukkan Diri Dengan Teman Maupun Keluarga

Sebelum mencari pengganti pada saat kamu sudah mengakhiri hubungan dengan seseorang, cobalah untuk mendekatkan diri dengan orang yang ada disekitar mu. Terkadang kita butuh masukan dari orang lain yang sudah mengenal kita dari lama. 

Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan orang terdekat untuk kebutuhan fisik dan mental. Lakukan aktivitas bersama teman atau keluarga. Jika kamu memiliki waktu senggang pergi berlibur bersama keluarga dan temanmu. 

5. Pahami Perasaanmu Dan Kendalikan

Sebelum kamu menyimpulkan, jika kamu sudah jatuh cinta sebaiknya pahami dahulu perasaanmu. Tanyakan pada dirimu, ini memang perasaan cinta yang sesungguhnya atau hanyalah perasaan kagum semata. Terkadang, kita tidak bisa menyalah artikan perhatian seseorang itu sebagai tanda cinta. karena cinta tumbuh bukan hanya sekedar perhatian tetapi juga dengan menerima segala kekurangan-nya.

Penting bagi kamu untuk dapat mengandalkan dirimu sendiri. Mudah jatuh cinta sama artinya kamu mulai mempermainkan perasaan. Karena perasaan itu akan mulai surut dan kamupun akan cepat berpaling, sehingga membentuk hubungan asmara yang tidak sehat. Untuk itu cobalah untuk pahami dan kendalikan perasaanmu.

Itulah beberapa cara mengatasi emophilia dan arti nya yang perlu kamu ketahui dan pahami.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru