Viral Video Qoriah Disawer Saat Baca Al-Qur’an, MUI Mengecam!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Viralnya video seorang qoriah asal banten disawer saat tengah melantunkan ayat suci Al-Quran memancing banyak respon termasuk ketua MUI.

INDIFFS.COM – Baru-baru ini viral sebuah video yang menampilkan seorang qoriah disawer uang  ketika melantunkan Al-Quran di panggung. Diketahui bahwa ia merupakan Qoriah Internasional, yaitu Ustadzah Hj Nadia Hawasy dari Tangerang, Banten.

Jelas, beredarnya video tersebut membuat warganet geram lantaran dinilai aksi sawer kepada sang qoriah tak pantas dan tak etis. Bahkan, tindakan tak beradab dan memalukan itu lantas mendapat tanggapan keras dari ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Cholil Nafis.

“Ini cara yg salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai2 kesopanan. Hentikan acara dan perbuatan seperti ini,” Di akun Twitternya @cholilnafis,

“Mhn ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yg baik. Jelas cara ini bertentangan dg ayat2 yg dibaca qori’ah.” Lanjutnya.

Viral Qoriah Asal Banten Disawer Jamaah

Dalam video tersebut terlihat seorang qoriah tengah melantunkan Al-Quran di atas panggung acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, dua orang jamaah laki-laki tampak naik ke atas panggung dan mulai menyebarkan uang ke arah qoriah yang sedang melantunkan Al-Quran.

Salah satunya bahkan terlihat menyelipkan uang di kerudung bagian kening sang qoriah.

Qoriah Nadia Hawasyi angkat bicara soal viral video dirinya disawer saat sedang melantunkan ayat suci Alquran. Nadia mengaku marah dan tidak terima dengan perbuatan tersebut.

Nadia menceritakan peristiwa itu terjadi sekitar 2 bulan lalu. Di mana saat dia menjadi qoriah atau pembaca ayat suci Alquran di acara Maulid Nabi di kawasan Cibaliung, Pandeglang, Banten.

Ia tidak tidak tahu bahwa akan ada saweran saat ia mengaji di atas panggung.

“Di situ saya sangat emosi dan kesal, cuma posisinya kan saya belum selesai ngaji, jadi enggak mungkin saya tiba-tiba marah dan ninggalin panggung, makanya saya cuma cabut uang di kerudung saya,” ucapnya.

“Turun panggung langsung saya tegur panitianya. Jangan disawer seperti biduan penyanyi dangdut, di situ kan saya lagi ngaji. Kalau mau kasih apresiasi kepada qori atau qoriah jangan seperti itu,” ucapnya.

Menurut Nadia, panitia sudah meminta maaf. “Sudah selesai, saya sudah marah, suami saya juga sudah marah. Cuma baru diviralkan sekarang videonya,” katanya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru