Waspada! Inilah 8 Ciri-Ciri HP Android dan iOS yang Terkena Virus

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Waspada! Jenis virus yang dapat membahayakan HP bahkan bisa meretas data pribadi. Untuk itu, ketahui ciri-ciri HP yang terkena virus!

INDIFFS.COM –  Masing-masing smartphone memang dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa HP tersebut terkena virus. Agar tak salah kaprah, sebaiknya kamu sebagai pengguna perlu mengetahui apa saja ciri-ciri HP yang terkena virus.

Pasalnya, berbagai macam virus bisa mengintai perangkat smartphone-mu, meski dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Tentu, virus-virus tersebut bisa masuk kedalam perangkat ponsel melalui berbagai macam cara.

Ciri-Ciri HP Terkena Virus

Sebagai pengguna HP yang baik kamu harus memastikan jika perangkat handphone yang dimiliki bebas dari virus. Untuk itu, harus mengetahui ciri-ciri dari smartphone yang terkena virus agar kamu dapat secepatnya melakukan penanganan.

1. Perangkat HP Sering Terasa Lemot

Ini menjadi kejadian yang lumrah yang sering dialami oleh kebanyakan pengguna. Namun, tahukah kamu, HP lemot juga bisa menjadi tanda bahwa perangkat ponsel-mu sudah terkena virus atau malware. Oleh karena itu, jika kamu sebagai pengguna mengalami tanda seperti ini, segeralah atasi untuk menghilangkan virus nya.

2. Ghost Touch

Ghost Touch merupakan kondisi di mana layar perangkat ponsel-mu bergerak sendiri. Bahkan, dalam kasus yang pernah terjadi dapat membuka suatu aplikasi secara random tanpa menekannya.

Nah, perlu di waspadai jika hal ini terjadi. Pasalnya Ghost Touch ini dapat diidentifikasi sebagai virus yang ada pada HP. Kendati demikian, ghost touch juga bisa menjadi sebab layar HP kamu mengalami kerusakan.

3. Baterai Sering Cepat Habis

Bukan hanya menyerang data, virus juga dapat mempengaruhi baterai perangkat HP kamu menjadi cepat habis. Nah, jika sebelumnya HP-mu memiliki daya tahan baterai yang tinggi, namun setelah menginstall aplikasi HP kamu menjadi boros baterai. Bisa jadi itu merupakan salah satu tanda adanya virus pada HP.

4. HP Mati dengan Sendirinya Saat Menerima Panggilan

Jika kamu sebagai pengguna HP pernah mengalami hal seperti ini, perlu di waspadai ponsel-mu terkena virus. Karena pasalnya, virus dapat menyebabkan dan mempengaruhi HP saat sedang menerima panggilan. Salah satu contohnya, saat sedang menerima panggilan masuk, tiba-tiba panggilan tersebut terputus tanpa sebab.

5. Penggunaan Paket Data Berlebihan

Jika paket data kamu meningkat sangat banyak tanpa sepengetahuan, maka bisa dipastikan HP tersebut terkena virus. Bahkan, meskipun kamu tidak banyak mengakses internet, namun paket data terpakai sangat banyak. Tentu dalam hal ini kamu harus lebih berhati-hati.

6. Muncul Banyak Iklan yang Mengganggu

Virus memang banyak jenisnya. Salah satunya ialah virus yang akan memunculkan berbagai iklan tidak penting di berbagai target perangkat. Tujuannya beragam, mulai dari menghasilkan uang, bahkan hingga mencuri data target yang mengklik iklan tersebut.Jika hal tersebut terjadi, kamu perlu waspada. Kemungkinan Perangkat HP-mu terkena virus iklan.

7. Kegiatan Browsing Terganggu

Ciri selanjutnya ialah sering mengganggu aktivitas browsing kamu. Ya, seperti pada saat hendak mencari data di internet, kemudian menemukan beberapa iklan yang mengalihkanmu dari apa yang sedang kamu cari. Meskipun tidak selalu, nyatanya beberapa website sudah terinfeksi virus yang akan mengganggu kegiatan kamu ketika browsing.

8. Proses Booting Lama

Salah satu tanda HP kamu terserang virus adalah lamanya proses Booting yang dilakukan oleh perangkat HP milikmu. Hal ini karena, sejumlah virus yang ada pada HP dapat mengganggu performa dari HP. Seperti, ketika menghidupkan HP, kamu akan menunggu lama hingga proses Booting selesai.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri HP yang terkena virus. Tentunya, kamu harus lebih berhati -hati terhadap virus, karena bisa merugikan kamu dan HP yang digunakan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru