7 Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak, Terjauh Dari Insomnia!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kamu kesulitan tertidur dan ingin mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik bagi kesehatan? Yuk simak cara agar cepat tidur berikut ini!

INDIFFS.COM – Bagi yang mengalami kesulitan tidur atau trouble sleeping, ada berbagai cara cepat tidur yang dapat dicoba. Trouble sleeping tentunya akan membuat tubuh tidak bertenaga dan bersemangat untuk menjalani aktivitas. Selain itu, istirahat yang cukup dan berkualitas juga memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jika terus-menerus kurang istirahat, bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung dan stroke.

Cara Agar Cepat Tidur

Insomnia atau trouble sleeping menjadi masalah kesehatan yang harus segera ditangani. Karena apabila tidak, waktu istirahat malam jadi tidak terpenuhi dan akhirnya berdampak pada kondisi kesehatan. Agar tetap berkualitas, kamu perlu melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Berlatih Pernapasan

Agar dapat tidur dengan cepat, cobalah untuk mengambil napas dari hidung selama empat hitungan. Lalu, tahan napas hingga tujuh hitungan dan hembuskan napas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi hingga empat kali.

Lakukan latihan ini secara rutin, karena di percaya mampu membuat kamu lebih rileks dan lebih mudah mengantuk. Kamu juga dapat mengkonsumsi segelas susu coklat hangat sebelum istirahat. 

2. Tidur dan Bangun Di Waktu yang Sama

Dengan menerapkan jam istirahat yang disiplin, yakni dengan istirahat serta bangun di waktu yang sudah di tetapkan. Hal ini akan membuat tubuh yang akhirnya terbiasa dengan waktu istirahat dan bangun bersamaan.

3. Kurangi Stres

Stres merupakan penyebab utama keterlambatan istirahat, untuk itu kurangi stres dengan menggunakan teknik relaksasi dan bersantai. Hak ini dapat meningkatkan kualitas dan mengurangi gangguan istirahat di siang hari pada orang insomnia. Lakukan meditasi selama 15 menit secara rutin, akan membantumu untuk tidur terlelap.

4. Matikan Lampu dan Hindari Ponsel

Isyarat seperti cahaya juga mempengaruhi ritme sirkadian, yang membantu otak dan tubuh menilai saat malam hari. Menjaga ruangan segelap mungkin saat akan tidur, dapat membantu membuatmu tertidur. Sedangkan menggunakan perangkat seluler sebelum tidur, dapat menjadi salah satu penyebab sulit tertidur. Sebaiknya hindari ponsel saat akan beristirahat.

5. Hindari Kafein

Kafein merupakan stimulan yang merangsang agar terjaga dan dapat mengganggu pola tidur. Dibutuhkan sekitar 3-5 jam agar efek kafein hilang. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menghindari kafein setidaknya 4 jam sebelum tidur. Karena pada beberapa orang, mengonsumsi kafein setiap saat sepanjang hari dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Untuk orang-orang ini, mungkin yang terbaik adalah menghindari kafein atau membatasinya.

6. Temukan Posisi yang Nyaman

Posisi tertidur yang nyaman sangat penting untuk tidur. Perubahan posisi yang sering dapat mengganggu, tetapi menemukan tempat yang tepat dapat membuat perbedaan besar pada permulaan tidur. Kebanyakan orang menemukan bahwa posisi miring adalah posisi terbaik untuk tertidur malam yang nyenyak.

7. Dengarkan Musik

Meskipun ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang, beberapa orang mendapat manfaat dari mendengarkan musik santai sebelum tertidur. Namun, respons seseorang terhadap musik akan tergantung pada preferensi pribadi mereka. Terkadang, musik bisa terlalu merangsang dan menyebabkan kecemasan dan sulit tertidur.

Demikianlah 7 cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar terjauh dari insomnia. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru