Inilah Cara Hemat Baterai Handphone Agar Tidak Boros

Dini NHaH 0 Komentar

Cara hemat baterai handphone perlu diketahui para penggunanya. Baterai merupakan komponen penting dari sebuah handphone.

indiffs – Rata-rata baterai handphone di zaman sekarang memiliki kapasitas antara 3.000 – 4.000 mAh dan bisa bertahan seharian. Namun, selalu ada momen di mana kita kehabisan baterai, padahal kita berada di situasi yang sangat penting. Sementara, kita tidak membawa powerbank atau menemukan stopkontak untuk melakukan pengisian daya. Maka dari itu, diperlukan untuk hemat baterai handphone kamu agar tidak selalu di charger.

Dibandingkan featured phone, konsumsi baterai handphone memang jelas lebih boros karena harus menjalankan beragam layanan secara bersamaan. Ditambah penggunaan beragam hardware yang sangat menguras baterai hp, seperti layar, prosessor dan lainnya.

Selain itu, borosnya baterai handphone juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang tertanam di dalamnya. Nah, agar masalah baterai boros di handphone bisa teratasi, berikut ini adalah cara menghemat baterai di handphone agar bisa bertahan lebih lama.

1. Batasi Aplikasi Yang Berjalan

Sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan akan tetap aktif bahkan setelah kamu tidak menggunakannya, di situlah baterai handphone terkuras. Dengan pengaturan sederhana, kamu dapat sepenuhnya membatasi aplikasi untuk menghemat baterai.

Kamu dapat menutup secara keseluruhan aplikasi yang telah terbuka di latar belakang. Biasanya handphone memiliki fitur untuk menutup aplikasi yang ada pada latar belakang dengan cara berbeda di tiap model dan merek.

Ada beberapa yang cukup menekan tombol home atau tombol lain selama beberapa detik, ada pula yang langsung melalui pengaturan.

2. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Setiap handphone biasanya dilengkpi dengan fitur power saving mode atau mode hemat baterai. Saat mode hemat baterai diaktifkan, performa prosesor handphon akan menurun. Fungsi kecerahan layar, wifi, koneksi internet, hingga GPS jadi lebih terbatas. Sehingga konsumsi daya baterai lebih irit.

3. Kurangi Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai HP juga dapat dilakukan dengan menurunkan kecerahan layar handphone kamu. Karena, tingkat kecerahan layar memang mempengaruhi daya baterai handphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin banyak daya baterai yang terkuras.

4. Mematikan Fitur GPS

Mematikan fitur Global Positioning System (GPS) juga membuat baterai handphone lebih hemat. Fitur GPS yang ada di handphone biasa digunakan untuk melacak lokasi terbaru secara terus-terusan. Oleh karena itu, fitur ini menghabiskan daya baterai handphone jika tidak dimatikan.

5. Mematikan Getaran dan Suara Papan Tombol

Mungkin banyak yang belum tahu jika fitur getaran pada handphone membuat motor elektrik untuk menggetarkan handphone membutuhkan daya yang cukup besar. Terkadang fitur getar pada handphone diperlukan dan kamu bisa melakukannya saat momen-momen tertentu saja.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru