7 Cara Mencegah Terjadinya Kerontokan Pada Rambut, Ampuh!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Rambut rontok menjadi hal yang tidak diinginkan bagi setiap orang. Untuk itu, lakukan cara berikut untuk mencegah terjadinya kerontokan.

INDIFFS.COMRambut rontok menjadi hal yang sangat tidak diinginkan. Selain mengganggu penampilan, rambut rontok juga akan memengaruhi kulit kepala. Itulah mengapa rambut rontok menjadi hal yang sangat diantisipasi oleh semua orang, dan melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya kerontokan.

Karena pasalnya, rambut rontok berlebihan memang cukup mengganggu. Selain membuat pakaian menjadi penuh helai rambut, ini menjadi salah satu ciri-ciri rambut rusak yang bisa membuat beberapa bagian kulit kepala menjadi botak.

Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa cara untuk bisa mencegah dan mengatasi terjadinya kerontokan pada rambut.

Cara Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Banyak hal yang menyebabkan rambut tidak sehat seperti tingkat stres, polusi udara, hingga kulit kepala tidak sehat. Nah, agar terhindar dari rambut rontok yang parah dan tidak sehat, mari simak tips di bawah ini sebagai cara untuk mencegah terjadinya rambut rontok yang berlebihan!

1. Hindari Terlalu Sering Mengucir Rambut

Cara pertama yang baiknya dilakukan untuk bisa mencegah rambut rontok yang berlebih ialah kurangi mengucir rambut. Apalagi gaya rambut kucir kuda atau ponytail dan kepang dalam waktu lama, ini dapat memicu kerontokan pada rambut.

Hal ini terjadi karena saat dalam keadaan dikuncir, rambut akan tertarik dari kulit kepala dengan cukup kuat. Tentunya ini berdampak, rambutmu jadi rapuh dan mudah rontok.

Untuk itu, kamu bisa mulai membiasakan menggerai rambut atau menggunakan jepit longgar. Jika terpaksa menguncirnya, pastikan kamu tidak membiarkannya terlalu lama.

2. Menjaga Rambut Ketika Kondisi Basah

Selanjutnya kamu harus memperhatikan kondisi rambut ketika basah, ini karena rambut menjadi  mudah rapuh ketika basah. Untuk itu, perlakukan dengan lembut setelah keramas. Pada saat mengeringkannya dengan handuk, tepuklah secara perlahan dan peras rambut dengan hati-hati. Karena, apabila terlalu kuat ini dapat menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

Adapun pada saat menyisir rambut, sisir lah secara perlahan, apalagi menggunakan sisir bergigi jarang. Penggunaan sisir bergigi jarang pada saat rambut masih basah atau setengah basah akan menghindarkan rambut dari kekusutan. Tentunya jika rambut tertarik ini akan menyebabkan kerontokan, Untuk itu perlakukan rambut secara lembut pada saat kondisi rambut basah.

3. Berhati-hati pada Saat Menggunakan Styling Rambut

Jika kamu melakukan perawatan rambut dengan catokan, mungkin alat tersebut akan membuat kehilangan kelembapan pada rambut dan menjadi kering.

Untuk itu, kurangilah penggunaan styling rambut yang berlebihan, karena ini akan memicu terjadinya rambut rontok. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut yang mampu menutrisi akar rambut dan membantu menguatkan rambut.

4. Rutin Pijat Kepala

Tentunya rambut yang mudah rontok, ialah rambut yang tidak memiliki akar yang kuat. Nah, untuk bisa menguatkan akar pada rambut ini, bisa dilakukan dengan terapi pijat kepala. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah menuju kepala, sehingga kulit kepala mendapatkan oksigen serta nutrisi penting yang dibutuhkan oleh folikel rambut.

5. Membilas Rambut Sampai Bersih

Cara selanjutnya yang sebaiknya kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kerontokan ialah membilasnya sampai bersih ketika selesai keramas. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa shampo yang menempel di kulit kepala dan memicu ketombe.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Tentunya makanan yang bergizi sangat penting bagi bagi kesehatan tubuh, termasuk rambut. Untuk itu, mengonsumsi makanan bergizi akan membuat rambut sehat. Karenanya itu akan mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambutmu. Adapun kandungan yang baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya rambut rontok ialah omega-3, vitamin, dan makan makanan yang mengandung protein seperti ayam, ikan dan produk susu.

7. Olahraga Rutin

Olahraga memang memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik bagi tubuh. Untuk itu lakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Sehingga ini membuat kebutuhan oksigen bagi kulit terpenuhi. Ini juga akan membuat folikel rambut dapat memperbaiki sel yang rusak sehingga akar rambut bisa tumbuh lebih kuat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru