7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dan Cepat

Resa Azzahra 0 Komentar

Jerawat batu sering kali menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk itu yuk atasi dengan cara menghilangkan jerawat batu berikut ini

Indiffs – Jerawat batu yang sering kali menimbulkan rasa sakit dan tak nyaman. Jerawat batu ini memiliki ukuran yang besar, berwarna merah serta berisi nanah yang kerap membuat penampilan menjadi terganggu. Maka tak heran jika banyak orang mencari bagai mana sih cara menghilangkan jerawat batu?

Dan banyak juga orang terkhusus nya wanita, dengan melakukan berbagai cara agar jerawat yang timbul dapat hilang. Namun kamu juga perlu ketahui, jerawat ini bisa muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat yang dapat disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di bawah kulit, sehingga dapat memicu pembengkakan dan kemerahan.

Jika benjolan jerawat ini pecah, infeksi dapat menyebar dan jerawat pun akan semakin banyak. Oleh karena itu, pengobatan yang tepat sangat diperlukan agar jerawat batu tidak semakin parah.

Penyebab munculnya jerawat batu belum diketahui secara pasti. Namun, peningkatan hormon androgen dalam tubuh diketahui menjadi salah satu pemicunya. Kadar hormon androgen dapat meningkatkan dan menyebabkan perubahan pada kulit, perubahan ini dapat mengakibatkan tersumbat nya pori-pori dan terjadilah jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Sebenarnya jika kita menggunakan obat-obatan kimiawi untuk menghilangkan jerawat ini dapat menimbulkan efek yang kurang baik suatu hari nanti. Hal ini membuat banyak orang lebih memilih menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu membuat kulit wajah tidak menghasilkan minyak berlebih. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat mematikan bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat di wajah. Kamu bisa mengoleskannya pada jerawat. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Masker Putih Telur

Putih telur dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah dan dapat mengeluarkan minyak yang ada di dalam kulit. Kamu bisa menggunakannya dengan memisahkan putih telur terlebih dahulu dengan kuningnya. Kocok putih telur sebentar kemudian oleskan pada jerawat. Tunggu sampai olesan putih telur tersebut mengering dan ulangi sampai kurang lebih 4 kali. Tunggu kembali sampai kurang lebih 20 menit, kemudian bilas.

Untuk hasil yang optimal, kamu bisa menggunakan masker putih telur secara rutin. Selain bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat, putih telur juga baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

3. Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang mempunyai manfaat untuk menyembuhkan jerawat di wajah, karena mengandung vitamin C dan antioksidan dipercaya mampu mempercepat regenerasi kulit.

Untuk memanfaatkan kulit jeruk, kamu bisa memarut kulit jeruk kemudian tambahkan air, agar berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air dan keringkan.

4. Hindari Memencet Jerawat

Selain melakukan beberapa cara di atas, hindari juga memencet benjolan jerawat batu. Seperti dikatakan sebelumnya, nanah dari jerawat bisa menyebar dan membuat jerawat lebih banyak muncul. Hindari juga kebiasaan memegang wajah, terutama jika belum cuci tangan.

5. Maker Kunyit

Kunyit mengandung banyak senyawa yang baik untuk kesehatan kulit seperti antioksidan, antiinflamasi, antimikroba dan senyawa lain yang baik untuk dijadikan obat jerawat maupun kulit. Caranya, kamu hanya tinggal mengaplikasikan ekstrak bubuk kunyit seperti masker muka pada umumnya.

6. Teh Hijau

Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu membersihkan kotoran yang menyubat di pori-pori kulit. Dengan bersihnya kotoran di pori-pori bisa menghilangkan dan mencegah tumbuhnya jerawat batu. Kamu bisa membersihakan kotoran pori-pori dengan membasuh muka menggunakan teh hijau.

7. Es Batu

Es batu tak hanya dapat menyegarkan tubuh, es ini dapat meredakan peradangan pada kulit, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghapus jerawat batu. Kamu bisa menggunakan kain untuk menampung beberapa es batu dan tempelkan untuk beberapa menit di area yang berjerawat. Ulangi hingga kemerahan pada kulit menghilang dan pastikan agar tidak menekannya terlalu kencang karena hal tersebut bisa melukai jerawat.

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan agar penampilanmu tak terganggu dengan adanya jerawat batu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru