7 Manfaat Buah Beet, Memiliki Segudang Nutrisi Bagi Kesehatan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Buat beet ini sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional karena mengandung segudang nutrisi & manfaat buah beet bagi kesehatan.

IndiffsPerlu diketahui, beet ini sebenarnya bukanlah buah, melainkan umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya seperti singkong dan ubi. Karena memiliki bentuk dan warna yang unik, beet atau bit ini sering disangka sebagai buah-buahan. Buah bit ini sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional karena mengandung segudang nutrisi. Sehingga kandungannya menjadikan manfaat buah beet menjadi beragam bagi kesehatan.

Beragam nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi. Selain itu, bit juga rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, serta kaya akan antioksidan. Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, bit dapat memberikan beragam manfaat, yakni:

1. Meningkatkan Stamina

Dengan mengonsumsi buah bit berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan mitokondria dalam menjalankan tugasnya memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh. Dengan begitu, performa fisik Anda pun meningkat. Sehingga buah bit ini, dapat menjadi makanan ideal atlet karena kandungan nutrisi nya yang melimpah, membuat buah bit memiliki manfaat sebagai makanan yang meningkatkan stamina. Salah satu kandungan buah bit, yaitu nitrat, memiliki khasiat untuk kebugaran tubuh Anda.

Namun ingat, waktu yang tepat untuk Anda mengonsumsi buah bit adalah dua hingga tiga jam sebelum melakukan latihan atau mengikuti kompetisi olahraga.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah bit memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. Pasalnya, buah bit memiliki kandungan nitrat yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan cara melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menuju otak kembali meningkat. Anda hanya perlu mengonsumsi buah ini sebagai upaya meningkatkan kesehatan otak.

Pasalnya, semakin bertambah nya usia mengakibatkan penurunan fungsi otak atau kognitif dan mental. Hal ini mungkin terjadi akibat berkurangnya aliran darah dan oksigen menuju otak. Jika hal ini tidak segera Anda atasi, maka kemungkinan Anda akan mengalami demensia di masa tua.

3. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, salah satu makanan yang cocok untuk Anda konsumsi adalah buat bit. Pasalnya, buah bit memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Serta kandungan serat dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut memiliki peranan penting untuk menjaga berat badan ideal.

Dengan begitu, akan lebih mudah mencapai target berat badan yang Anda inginkan. Kandungan serat yang terdapat pada buah bit memberikan manfaat dalam mengurangi nafsu makan dan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Hal ini sangat membantu jika Anda ingin mengurangi asupan kalori harian demi menurunkan berat badan.

4. Mengurangi Masalah Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam buah bit berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Serat juga bisa membantu melunakkan tinja, sehingga bisa membuat buang air besar atau BAB Anda nyaman, sehat, dan teratur. Asupan serat dalam buah ini bisa membuat tingkat BAB orang yang punya kondisi sembelit, atau susah buang air besar, jadi lancar.

Namun, tidak hanya itu, asupan serat dari manfaat buah bit juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan cara lain juga dan dapat melindungi kondisi seperti infeksi pada usus, wasir dan GERD atau asam lambung.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah ataupun organ jantung. Ditambah lagi, tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit serangan jantung, stroke, dan kematian dini.

Untuk itu, cara mencegah penyakit ini bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan nitrat anorganik agar tekanan darah di dalam tubuh menjadi stabil. Salah satu tanaman yang memiliki kandungan nitrat anorganik adalah buat bit.

6. Mencegah Gejala Pikun

Manfaat buah bit lainnya yaitu dapat mencegah pikun. Hal ini dikarenakan kandungan nitrit dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Maka dari itu, bit baik untuk dikonsumsi lansia.

7. Menurunkan Hipertensi

Menurunkan hipertensi Bit mengandung nitrat yang dapat dibuat menjadi nitrit oksida dalam tubuh. Zat tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa jus bit mampu menurunkan darah tinggi walaupun jumlahnya sedikit. Hal tersebut diduga karena bit memiliki pigmen merah dan antioksidan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru