Amalan Pembuka Rezeki Bagi Umat Islam, Agar Berlimpah Berkah

Hani Hnsa 0 Komentar

Dalam kehidupan sehari-hari, ada begitu banyak amalan pembuka rezeki yang bisa dikerjakan oleh umat Islam. Apa saja? Yuk, cari tahu!

Indiffs – Rezeki dan takdir adalah dua hal yang setiap garisnya sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Meskipun begitu manusia tidak hanya berpangku tangan tanpa melakukan usaha atau amalan pembuka rezeki.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada begitu banyak amalan yang bisa dikerjakan oleh umat Islam. Salah satunya adalah amalan pembuka rezeki. Mengerjakan amalan pembuka rezeki bisa dengan berzikir. Walaupun ringan, zikir merupakan amalan yang berat timbangannya. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) dan dicintai oleh Ar-Rahman, yaitu subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Amalan Pembuka Rezeki

Amalan pembuka rezeki merupakan salah satu ikhtiar batin agar diberikan kemudahan dalam mencari nafkah yang baik dan halal. Rezeki memang sudah dibagi dan ditentukan oleh Allah SWT. Semua makhluk pun sudah dijamin mendapat rezeki-Nya.

1. Istighfar

Melansir dari Rumaysho, terdapat banyak amalan pembuka rezeki. Amalan pembuka rezeki bagi umat Islam yang pertama adalah dengan beristigfar. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Nuh ayat 10-12,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

2. Rutin Menjalankan Sholat Dhuha

Amalan pembuka rezeki pertama yakni rutin menjalankan sholat dhuha. Sholat sunah ini memiliki banyak keistimewaan atau fadhilah. Salah satunya untuk memohon kelancaran rezeki.

Nabi SAW bahkan mewasiatkannya kepada umatnya untuk mengerjakan sholat sunnah tersebut:

عَنْ أَبِي هُرَيرَة  قَالَ : أَوْصَانيِ خَليِليِ بِثَلاَثٍ: صِيَامُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَي الضُّحَى وَأَنْ أُوْتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ

Dari Abu Hurairah ra berkata: “Rasulullah saw berwasiat kepadaku untuk mengerjakan tiga hal: puasa tiga hari tiap bulan, dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Muttaqun ‘alaihi).

3. Membaca Surat Al Waqiah

Para ulama menyatakan keutamaan membaca surat Al Waqiah pada tiap malam akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا"

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibnu Yahya, bahwa Syuja’ pernah menceritakan hadis ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Mas’ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

4. Memperbanyak Sedekah

Perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak bersedekah tidak akan membuat anda kehilangan harta anda, justru Allah akan semakin membuka pintu rezeki kepada kamu. Hal ini Allah jelaskan melalui surat Al-Baqarah 261 yang artinya:

Allah SWT berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkankan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

5. Membaca Zikir Setiap Hari

Ajaran Rasulullah yang selanjutnya untuk pembuka rezeki adalah membaca zikir setiap hari. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca ‘La ilaha illallah Al Malikul Haqqul Mubin (tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha benar lagi Maha Nyata) sebanyak 100 kali dalam sehari, maka ia memperoleh jaminan aman dari kemiskinan, diselamatkan dari dahsyatnya kubur dan terbuka untuknya pintu-pintu surga.” (HR. Abu Nuaim)

Selain itu, umat Islam diajarkan membaca zikir “Subhanallahi wa bihamdih, Subhanallahil ‘adzim, astaghfirullahal’adzim” 100 kali dalam setiap hari. Lebih utama apabila dibaca setelah azan subuh sebelum iqamah.

6. Membaca Ayat Seribu Dinar

Ayat Seribu Dinar, arti dan keutamaannya dalam Alquran terdapat di Surat At Thalaq ayat 2-3. Dinamakan ayat seribu dinar karena jika istikamah mengamalkannya akan mendapat rezeki yang tidak terduga-duga. Selain itu, akan diberikan kecukupan rezeki.

Berikut ayat seribu dinar Surat At Thalaq ayat 2-3:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ
وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wamayyattaqillaaha yaj’allahuu makhrojaa wayarzuqhu min khaitsu laa yahtasib, wamayyatawakkal ‘alallaahi fahuwa hasbuh, innallaaha baalighu amrihii qad ja’alallaahu likulli syai inng qadraa.

Artinya: Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS. At Thalaq: 2-3).

Itulah amalan-amalan pembuka rezeki yang dianjurkan untuk dikerjakan Muslim agar dimudahkan mendapatkan rezeki yang halal. Wallahu A’lam. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru