Beragam Manfaat Buah Lontar (Siwalan) Yang Perlu Diketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat dari buah lontar atau siwalan ini memiliki beragam vitamin serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Yuk ketahui manfaat buah ini

INDIFFS.COM – Buah lontar (Borassus flabeliffer) adalah buah yang masuk ke dalam golongan palma. Buah yang memiliki nama lain ‘siwalan’ ini banyak tumbuh di daerah tropis. Buah yang mirip dengan kolang-kaling ini merupakan buah yang mengandung segudang manfaat, manfaat buah lontar ini tak terlepas dari kandungan dengan sejumlah nutrisi serta vitamin.

Tak hanya bernutrisi dan vitamin, buah ini juga seringkali kita menemukan pedagang yang khusus menjual buah ini dalam bentuk minuman segar. Maka, bagi yang menyukai minuman yang satu ini, beruntung lah karena buah ini mengandung banyak sekali manfaat yang tak terduga bagi kesehatan. 

Lantas apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini:

1. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah lontar yang pertama dapat menjaga kesehatan kulit, hal ini karena buah lontar memiliki kandungan Vitamin C. Kandungannya juga memiliki sifat antioksidan guna melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas.

2. Meredakan Stres

Manfaat buah lontar selanjutnya yakni dapat meredakan stres yang diakibatkan oleh kebiasaan. Buah ini memiliki banyak kandungan yang mampu meredakan stres serta menghilangkannya dengan cara meminum buah lontar untuk dijadikan sebagai minuman  segar. Minum secara rutin akan membuat pikiranmu menjadi rileks.

3. Obat Alami Diabetes

Bagi yang memiliki gejala diabetes, pengidap dapat mengonsumsi buah lontar yang sangat disarankan. Karena kandungan di dalamnya mengandung glikema rendah sehingga dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Serta kandungan yang ada pada pohonnya juga sangat bermanfaat dan dapat membantu kadar gula di dalam darah tetap terkendali.

4. Sebagai Antibiotik dan Antioksidan Alami

Buah ini dapat dijadikan sebagai antibiotik alami, karena memiliki kandungan enzim di dalam buah ini dinilai cukup baik dalam menghambat pertumbuhan mikroganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh. Buah ini dapat memaksimalkan kinerja probiotik atau bakteri baik dalam melawan bakteri.

Tak hanya antibiotik alami, buah lontar juga bermanfaat sebagai antioksidan alami. Diyakini kandungan pada buah lontar berfungsi mencegah stres oksidatif dalam tubuh. Dimana kondisi tersebut bisa berujung pada kerusakan sel-sel tubuh, dan berdampak pada munculnya sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi tumor bahkan bisa berkembang menjadi sel kanker berbahaya.

5. Menjaga Fungsi Hati Dan Ginjal

Buah lontar yang dikonsumsi dalam keadaan segar kaya akan potassium yang dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Selain itu, buah lontar juga membantu membersihkan racun dari sistem serta meningkatkan kesehatan hati.

Selain menjaga fungsi hati, kandungan pada buah lontar juga berfungsi untuk kesehatan ginjal. Pasalnya, tingginya kadar air dan mineral fosfor pada buah lontar menjadikan buah yang satu ini efektif dalam merawat fungsi serta mencegah kerusakan ginjal.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah lontar atau silawan yang bisa kita ketahui.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru