Deep Talk, Sebuah Seni yang Viral Untuk Memperdalam Hubungan

Hani Hnsa 0 Komentar

Deep talk merupakan bentuk percakapan mendalam dua arah yang membicarakan banyak hal bermakna. Banyak manfaat yang bisa didapat.

INDIFFS.COMDeep talk merupakan bentuk percakapan mendalam dua arah yang membicarakan banyak hal bermakna. Bentuk komunikasi ini penting untuk membangun hubungan mendalam dengan orang lain yang selama ini kurang dekat. Topik yang dibahas bisa meliputi kehidupan, keluarga, karier, maupun masa depan.

Pengertian Deep Talk

Secara singkat, deep talk adalah obrolan yang ‘lebih mendalam’ tentang berbagai topik yang dilakukan oleh dua orang. Dalam hal ini, yang dimaksud topik mendalam bukan sekedar hobi atau cuaca, melainkan hal-hal lain yang terjadi dalam hidupmu atau sesuatu yang menarik untuk kamu dan lawan bicara mu.

Menariknya, kadang-kadang deep talk dimulai dengan pertanyaan konyol, tetapi bisa bikin kamu mengeluarkan semua pikiran, perasaan dan cara pandang mu. Itulah sebabnya ada juga yang menyebut deeptalk dengan deep conversation.

Oleh karenanya, deeptalk membantu kedua belah pihak untuk bisa lebih mengenal satu sama lain. Percakapan yang dibangun dengan pasangan akan lebih mengeksplorasi rasa keingintauan, menunjukan perhatian, dan kasih sayang sehingga bisa menjadi momen untuk semakin dekat satu sama lain.

Manfaat Deep Talk

Manfaat paling umum yang akan kamu dapatkan saat melakukan deeptalk adalah kamu bisa menjadi lebih dekat dengan lawan bicara mu. Namun, manfaat nya tidak berhenti sampai disitu, sebab masih ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa kamu peroleh dari kegiatan ini.

Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat deeptalk yang bisa kamu dapatkan:

  • Saling Menguatkan Satu Sama Lain

Jika kamu ataupun pasangan kerap kali diterpa masalah kehidupan, bisa saling mencari solusi bersama untuk menyelesaikannya. Sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan peran orang lain untuk bisa menjadi sandaran ketika sedang diberi ujian hidup.

Maka dari itu, dengan deeptalk bersama pasangan, kamu akan merasa ada orang yang siap sedia membantu mu. Selain itu, akan meringankan beban pikiran ketika sedang stres dengan pekerjaan, kamu cukup curhat dengan pasangan mu agar pikiran bisa lebih tenang.

  • Menambah Rasa Bahagia

Menurut penelitian dalam Psychologic Science, seseorang yang sering melakukan deeptalk jauh lebih bahagia daripada mereka yang jarang melakukannya. Sayangnya, sampai saat ini masih belum bisa dipastikan apa yang menghubungkan keduanya.

Salah satu kemungkinan yang didapatkan adalah karena manusia memang butuh berinteraksi bersama manusia lain. Jadi, apapun jawabannya, yang jelas deeptalk sangat efektif untuk mempererat hubungan antar manusia.

  • Membuat Perasaan Menjadi Lega

Masalah atau konflik tidak baik jika di pendam terus menerus. Maka, dengan menunjukkan atau berkeluh kesah dengan keadaan yang sedang tidak baik dapat meringankan tekanan emosional dan stres. Sebab, ketika seseorang mengungkapkan emosi nya tersebut, tanpa disadari sudah mengurangi respons amigdala.

  • Menjaga Hubungan dengan Pasangan

Deeptalk akan membantu pasangan untuk menjaga hubungan tetap hangat. Meski sudah mengenal bertahun-tahun, belum tentu selalu bisa membaca pikiran pasangan. Maka dari itu, komunikasi yang sehat dengan pasangan dapat menghindari dari kesalahpahaman, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun.

  • Memperbaiki Diri

Deeptalk memungkinkan pasangan mu untuk berkata jujur terhadap penilaian nya kepada mu. Segala sesuatu darimu yang berhasil membuatnya merasa nyaman dan beberapa hal lain yang membuatnya merasa ilfeel.

Kamu tidak perlu marah akan hal itu. Kamu hanya perlu memperbaikinya. Deeptalk jika dilakukan seiring waktu bisa menjadi pribadi setiap orang menjadi lebih positif. Entah dari penampilan luar dan yang terpenting adalah penampilan yang tertanam dalam adab, masing-masing bisa menjadi lebih baik.

Cara Memulai Deep Talk

Melihat manfaat deeptalk untuk menjaga kehangatan hubungan bersama pasangan, tentu kamu tidak boleh melewatkan nya. Namun, hati-hati, kegiatan ini bisa berubah menjadi cekcok jika kamu tidak menerapkan nya dengan benar.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara untuk memulai deeptalk bersama pasangan:

  • Bicara Lebih Pelan

Saat berbicara dengan pasangan, pastikan kamu selalu memperhatikan pemilihan kata yang kamu gunakan. Kata-kata tersebut akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan komunikasi dan membuat dia merasa nyaman.

Jangan sampai kamu hanya memikirkan kepentingan diri sendiri dan memaksanya menerima semua hal yang keluar dari mulutmu. Dengarkan baik-baik apa yang dia sampaikan, berikan pertanyaan yang releven dan berikan respons yang menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan obrolan nya.

  • Pilih Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu sangat berpengaruh dalam proses deeptalk dengan pasangan. Hindari waktu saat pasangan lelah, sakit atau sedang bad mood. Dan minimalisir gangguan dari si kecil atau pihak eksternal lainnya. Pastikan kamu memilih waktu dan tempat yang membuatmu bisa berbicara dengan leluasa dan bebas.

  • Jujur dengan Pikiran dan Perasaanmu

Meski pahit dan tidak menyenangkan, cobalah jujur dengan pikiran dan perasaanmu. Sampaikan dengan tenang dan bijaksana agar pasangan bisa memahaminya. Sadari bahwa berbohong tidak menyelesaikan masalah dan justru membuat masalah terpendam. Pada akhirnya hal itu bisa meledak sewaktu-waktu dan membuatnya semakin sulit untuk diselesaikan.

Nah itulah penjelasan terkait deep talk yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bisa membantu hubungan kamu semakin intim dan akrab satu sama lain. Selamat mencoba!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru