Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan, Menangkal Radikal Bebas

Dini NHaH 0 Komentar

Dari sekian banyaknya jenis kacang-kacangan, kapri merupakan salah satu yang paling bernutrisi dengan segudang manfaat yang ada di dalamnya.

indiffs – Kacang kapri menjadi salah satu jenis kacang yang banyak diolah sebagai masakan. Selain lezat, kacang ini ternyata menyehatkan karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan segudang manfaat dari kacang kapri ini.

Kacang kapri merupakan jenis kacang polong yang bisa dimanfaatkan bersama polongnya, yaitu bagian pembungkus buah kacang. Kacang dengan nama ilmiah Pisum sativum L. ini mengadung banyak nutrisi penting, seperti vitamin K, C, dan asam folat. Terlebih lagi, berbagai macam zat mineral yang dikandungnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang kapri untuk kesehatan tubuh:

1. Menangkal Radikal Bebas

Hal ini berkat adanya kandungan antioksidan di dalamnya, yaitu fenol dan polifenol. Sehingga, tak heran bila mengonsumsi kacang berwarna hijau ini diangap dapat membantu radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit.

2. Baik untuk Sistem Pencernaan

Kandungan gizi kacang kapri yang kaya serat terbukti mampu menyehatkan sistem pencernaan. Sebab, serat bisa melunakkan tekstur feses, sehingga buah air besar pun jadi lancar.

Selain itu, manfaat kacang kapri untuk lambung juga terbukti. Sebab, serat tidak larutnya bekerja sebagai prebiotik, yaitu memberi asupan pada bakteri baik saluran pencernaan agar tetap sehat.

3. Membantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Selain punya vitamin C yang tinggi, kacang kapri juga tinggi kadar antioksidan sehingga mencegah beberapa reaksi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit serius. Kacang kapri merupakan sumber yang kaya banyak mineral seperti besi, kalsium, seng, tembaga, mangan dll yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam kacang kapri juga efektif menjaga kesehatan tubuh secara umum. Bahkan, mampu memelihara kesehatan jantung. Zat besi dan vitamin yang terkandung juga menjaga kestabilan tekanan darah sehingga terhindar dari sroke dan hipertensi.

Dengan segudang manfaat di dalamnya, memasak masakan denfan campuran kacang ini di dalamnya tidak hanya meningkatkan citarasa, namun juga memelihara kesehatan tubuh.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Berkat kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya, kacang kapri dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah, terutama pada penyandang diabetes. Begini, polong-polong merupakan salah satu jenis makanan dengan indeks glikemik yang rendah karena kaya akan pati dan serat.

Di lain sisi, makanan dengan indeks glikemik yang rendah membantu melepaskan gula ke dalam darah secara perlahan. Hal ini membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Meski begitu, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efek kacang kapri berkhasiat dalam mengontrol gula darah.

6. Memperkuat Kesehatan Tulang

Apabila kacang kapri dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, kandungan protein di dalamnya akan berperan untuk membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Protein ini memegang peranan penting dalam mengatur, menjaga dan memperbaiki sel dan jaringan di dalam tubuh.

7. Baik untuk Kesehatan Mata

Lutein sebagai kandungan gizi kacang kapri terbukti bisa menyehatkan mata dengan mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula di usia tua. Selain itu, kacang kapri juga mampu membuat penglihatan kamu semakin tajam.

Demikianlah beberapa manfaat kacang kapri untuk kesehatan tubuh, ssemoga bermanfat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru