Miris! Ratusan Pelajar Hamil di Luar Nikah dan Ajukan Dispensasi

Dini NHaH 0 Komentar

Sungguh miris, ratusan pelajar di Ponorogo hamil di luar nikah. Mereka mengajukan permohonan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama Ponorogo.

INDIFFS.COM – Sungguh miris, pelajar yang diharapkan sebagai generasi penerus bangsa dan agama, malah melakukan perbuatan tercela secara massal. Diketahui ratusan pelajar SMP dan SMA di Ponorogo, Jawa Timur hamil di luar nikah.

Banyaknya pelajar yang hamil di luar nikah terungkap setelah Mereka meminta permohonan dispensasi agar di beri izin untuk menikah ke pengadilan agama di Ponorogo.

Bahkan, di minggu pertama Januari 2023 ada 7 pelajar SMP hamil dan ada yang sudah melahirkan. Banyaknya siswa hamil ini pun menjadi viral di media sosial.

Berdasarkan Undang-undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974, diubah dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perkawinan, bahwa usia minimal menikah adalah 19 tahun dan jika masih di bawah 19 tahun harus mengajukan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama.

Jumlah dispensasi nikah di Pengadilan Agama Ponorogo sangat banyak. Tahun 2021 sebanyak 266 pemohon, tahun 2022 191 pemohon, bahkan minggu pertama 2023 sebanyak 7 orang memohon dispensasi nikah.

“Semuanya dikabulkan karena semuanya sudah memenuhi unsur mendesak. 7 orang itu semuanya anak sekolah. Anak kelas 2 SMP dan 2 SMA,” kata Ruhana pada (10/1/2023).

Dari sumber yang didapatkan bahwasannya kejadian tersebut dilakukan oleh pasangan kekasih ini ketika berada di tempat wisata. Atau bahkan saat di rumah ketika orang tuanya sedang tidak ada. Hal tersebut tentu membuat masyarakat sangat khawatir.

PA Kabupaten Ponorogo juga menerangkan, fenomena pernikahan dini yang dilaporkan belakangan sering terjadi akibat hamil di luar nikah.

Untuk itu, mereka mengimbau kepada orangtua dan guru untuk lebih ketat menjaga dan mengawasi pergaulan anak agar tidak terpaksa menikah di usia dini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru