8 Cara Mengatasi Mimisan yang Tepat dan Mudah, Jangan Panik!

Hanni Hnsa 0 Komentar

Cara mengatasi mimisan yang tepat perlu kamu ketahui dan pahami. Pasalnya, sebagian orang menangani permasalahan ini dengan cara yang keliru.

INDIFFS.COM – Cara mengatasi mimisan yang tepat perlu untuk kamu ketahui dan pahami. Pasalnya, sebagian orang menangani permasalahan ini dengan cara yang keliru.

Mimisan adalah sebuah masalah yang sering dialami oleh sebagian orang. Terkadang, keluarnya darah dari hidung membuat orang merasa panik, apalagi bagi yang pertama kali mengalaminya. Kepanikan ini dapat membuat orang menggunakan cara mengatasi mimisan yang salah, bahkan dapat menyebabkan pendarahan semakin parah.

Cara mengatasi mimisan yang tepat sebenarnya cukup mudah dan sederhana untuk kamu lakukan di rumah. Akan tetapi, apabila pendarahan di hidung mu tidak berhenti atau justru bertambah parah setelah sekian lama, kamu perlu segera memeriksakan nya ke dokter.

Cara Mengatasi Mimisan

Jika kamu mengalami mimisan di rumah, jangan panik. Melansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi mimisan yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama:

  • Duduk Tegak dan Condongkan Tubuh ke Depan

Pastikan posisi kamu tetap tegak dan arahkan tubuh kamu sedikit ke depan. Dengan tetap tegak, kamu dapat mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung kamu. Ini juga dapat mencegah darah semakin banyak keluar.

Selain itu, dengan mencondongkan tubuh ke depan, kamu dapat mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran napas, atau tertelan, yang dapat mengiritasi perut kamu. Jika ada, darah justru akan masuk kembali dan bisa menyumbat jalan napas.

  • Menekan Hidung

Saat terjadi mimisan, kamu bisa menekan hidung beberapa kali untuk menghentikan peradangan. Gunakan tisu atau sapu tangan dan tekan dengan lembut beberapa kali. Selain itu kamu bisa mencegah mimisan dengan mengonsumsi vitamin C. Sebab, vitamin C dapat membentuk kolagen baru di hidung serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah mimisan.

  • Kompres Es

Mengompres hidung mu dengan es dapat menjadi salah satu cara mengatasi mimisan yang tepat dan mudah untuk kamu lakukan di rumah. Ambillah es batu secukupnya, lalu bungkus lah es tersebut dengan kain yang lembut atau handuk terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan es tersebut untuk mengompres hidung mu sejenak. Suhu dingin es tersebut akan memperkecil pembuluh darah di hidung mu yang nantinya akan membuat mimisan berhenti lebih cepat.

  • Jangan Napas Melalui Hidung Dulu

Untuk mencegah pendarahan, jangan bernapas melalui hidung dan tidak selama beberapa jam setelah mimisan. kamu juga dapat dengan lembut menerapkan beberapa petroleum jelly ke bagian dalam hidung kamu menggunakan kapas atau jari kamu.

  • Penguapan

Penguapan atau menghirup uap biasanya digunakan untuk melegakan pernapasan yang tersumbat. Akan tetapi, penguapan juga dapat kamu lakukan sebagai salah satu cara mengatasi mimisan yang tepat dan mudah.

Saat kamu mimisan, tidak semua darah keluar dari hidung mu. Ada sebagian darah yang masih tetap ada di dalam hidung. Menggunakan teknik penguapan dapat membantu mu untuk mengeluarkan semua darah yang mengering di dalam hidung mu.

Cobalah rebus air hingga mendidih lalu angkat dan hiruplah uap yang keluar selama beberapa saat. Jangan lupa untuk menutup kepalamu dengan handuk atau kain berukuran lebar supaya uap yang keluar tidak menyebar.

  • Dengan Garam

Iritasi dalam hidung juga dapat membuat mimisan tiba-tiba. Untuk menghilangkan iritasi dan alergi yang menyebabkan mimisan, gunakan garam dapur. Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kemudian basuhkan ke hidung.

  • Menggunakan Obat Semprot

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyemprot obat dekongestan ke sisi hidung yang berdarah. Namun perlu diketahui, penggunaan obat semprot untuk mimisan tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi mimisan yang berikutnya ialah dengan banyak minum air putih. Mimisan dapat terjadi karena dehidrasi atau udara kering yang dapat membuat hidung menjadi kering dan mudah untuk terluka dan terkena infeksi. Dengan banyak minum air putih, kamu dapat menjaga supaya selaput lendir di hidung mu tetap lembab dan mencegah mimisan terjadi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru