8 Penyebab Kamu Sering Kentut Terus Menerus, Apa Saja?

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa penyebab terjadinya sering kentut yang perlu di ketahui. Karena, bisa jadi ini terjadi karena penyakit yang diderita.

INDIFFS.COM – Kentut merupakan suatu hal yang alami dan dikatakan normal. Akan tetapi, jika kamu terlalu sering kentut, sebaiknya jangan menganggap sepele. Bahkan, bisa jadi hal ini menjadi tanda bahwa kamu menderita penyakit tertentu. Kondisi medis tertentu dan masalah pada pencernaan ternyata bisa menjadi penyebab seseorang sering kentut. Maka dari itu penting diketahui penyebab kamu sering kentut.

Penyebab Sering Kentut

Kentut umumnya terjadi ketika saluran cerna menghasilkan gas berlebih. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gas berlebih di saluran pencernaan, mulai dari menelan terlalu banyak udara saat makan atau minum hingga terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tertentu. Namun, bagaimana jika kentut terjadi terus menerus bahkan memberikan efek bau tak sedap? Berikut penyebabnya:

  • Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Penyebab kentut berlebihan diantaranya karena mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat. Ini terjadi lantaran tubuh tidak dapat menyerap serat seperti halnya zat gizi lain. Serat justru bergerak dalam saluran pencernaan dan menjadi makanan bagi bakteri usus.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat ini cenderung lambat dicerna sehingga proses fermentasi nya pun cukup lama dan menghasilkan gas yang berbau.

  • Mengonsumsi kacang-kacangan

Kacang kacangan ini mengandung karbohidrat kompleks serta gula yang tidak mudah untuk di cerna. Memecah makanan seperti kacang-kacangan dapat merangsang proses fermentasi dan penumpukan gas di usus tubuh kamu. Sehingga ini menjadi lebih padan dan kentut yang dikeluarkan akan berbau menyengat.

  • Bakteri usus

Salah satu penyebab munculnya gas di dalam sistem pencernaan adalah bakteri di usus. Proses mencerna makanan yang terjadi pada usus ini bisa menghasilkan gas yang berlebih jika kamu terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tertentu. Sisa-sisa makanan yang belum tercerna dengan sempurna akan menghasilkan gas yang berlebih nantinya. Sehingga menyebabkan kamu mudah untuk kentut.

  • Penderita Penyakit Celiac

Orang yang memiliki penyakit celiac tidak dapat mencerna protein dalam gandum yang disebut gluten. Apabila penderita penyakit celiac mengonsumsi gluten, sistem imun nya akan menyerang protein ini dan memicu peradangan pada usus. Dan ini menyebabkan gangguan penyerapan gizi, dan bisa menyebabkan kentut yang berlebih.

  • Menderita Penyakit Tertentu

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan kentut yang berlebih ini terjadi, diantaranya:

    1. Diabetes
    2. Gangguan makan
    3. Penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus
    4. Gangguan lambung, seperti GERD dan gastroparesis
    5. Penyakit celiac
    6. Penyakit Crohn
    7. Intoleransi laktosa
    8. Kolitis ulseratif
  • Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Gula

Makanan yang Mengandung gula tinggi, seperti laktosa, sorbitol, dan fruktosa. Ini menyebabkan makanan tersebut sulit untuk di cerna serta di serap oleh tubuh. Dan akan menyisakan gula-gula sebagai bahan fermentasi oleh bakteri usus. Proses ini lah yang menyebabkan kamu mudah mengalami kentut yang berlebih.

  • Intoleransi Laktosa

Ini merupakan kondisi ketika tubuh tidak mampu mencerna gula dalam susu yang disebut laktosa. Masuknya laktosa ke dalam sistem pencernaan justru dapat menyebabkan produksi gas yang berlebih bahkan bisa menyebabkan diare.

  • Minuman Ber-soda dan Ber-alkohol

Penyebab terjadinya kentut yang berlebih ini ialah karena meminum minuman yang mengandung soda dan alkohol. Dilansir dari alodokter, minuman bersoda dan beralkohol mengandung udara tambahan dalam bentuk buih. Mengonsumsi jenis minuman ini bisa membuat kamu menelan lebih banyak udara, sehingga lebih sering kentut.

Itulah beberapa hal yang akan menyebabkan terjadinya buang angin atau kentut yang berlebih. Dan perlu diketahui beberapa cara mengatasi agar tidak sering terjadi kentut yang berlebih. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru