9 Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan, Bukan Sayuran Biasa!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Sayur kol merupakan sayuran mengandung kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga dapat diperoleh manfaat nya untuk kesehatan.

IndiffsKol (Brasicca oleracea) merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam kelompok brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayur kol dapat tumbuh di berbagai tempat sehingga dimanfaatkan secara luas dalam pembuatan aneka hidangan. Kol adalah sayuran yang secara umum kita temui sebagai pendamping nasi goreng atau siomay. Meski sering dijadikan sebagai makanan pendamping, kita dapat memperoleh manfaat dari sayur kol ini.

Manfaat Sayur Kol

Selain enak dan mudah diolah, sayur kol memberi berbagai manfaat untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur kol yang dapat diperoleh:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengurangi peradangan, kandungan polifenol dan flavonoid di dalam kol juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Oleh karena itu, kol dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, kandungan serat, kalium, vitamin B3, dan folat di dalam kol juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung.

2. Menyehatkan Otak

Kol termasuk sayuran yang diketahui berkhasiat dalam menjaga fungsi kognitif otak agar tetap optimal seiring bertambahnya usia. Kandungan nutrisi di dalam kol dapat membantu melancarkan aliran darah pada otak. Aliran darah yang lancar akan membuat otak lebih mudah mengingat, menyerap, dan memproses informasi.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam kol diketahui baik untuk saluran pencernaan. Manfaat kol ini diyakini dapat melancarkan buang air besar dan mencegah maupun menangani sembelit.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran, seperti brokoli, kubis, dan kol bisa menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker esofagus, kanker usus besar, dan kanker lambung.

Manfaat kol tersebut berasal dari sifat antikanker yang terkandung di dalamnya. Kol juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kol dipercaya dapat menjaga kesehatan mata, karena terdapat kandungan antioksidan polifenol yang tinggi di dalam nya yang diyakini dapat mencegah gangguan penglihatan akibat degenerasi makula. Kol juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin serta vitamin A yang dapat mencegah kerusakan sel retina pada mata.

6. Membantu Penyembuhan Luka

Berbagai jenis vitamin juga melengkapi kandungan nutrisi pada sayur kol. Salah satunya yang memiliki peran penting di dalamnya adalah vitamin K1. Vitamin K1 merupakan jenis vitamin K yang bersumber dari sayuran. Dalam satu buah sayur kol setidaknya telah mencukupi 85% kebutuhan vitamin K harian.

Dalam tubuh, vitamin K memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga dapat memicu fungsi enzim untuk menutup luka sehingga mencegah risiko terjadinya perdarahan.

7. Turunkan Tekanan Darah

Kol mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengatur tekanan darah. Kalium memiliki fungsi untuk mengeluarkan kelebihan natrium di dalam tubuh melalui urine. Sehingga, tekanan darah tinggi pun akan menurun secara perlahan.

8. Meredakan Peradangan

Sulforaphane dan adalah salah satu jenis antioksidan pada sayur kol yang berperan sebagai agen anti-inflamasi. Antioksidan dapat membantu mengatasi peradangan yang berlangsung di dalam tubuh, termasuk yang disebabkan oleh infeksi.

Selain itu, makan kol secara rutin juga membantu tubuh lebih mudah mendeteksi peradangan yang terjadi. Semakin cepat tubuh mengetahui bagian yang radang atau terserang infeksi, maka semakin cepat juga kerja sistem imun untuk menyembuhkan peradangan tersebut.

9. Melindungi Tubuh dari Serangan Radikal Bebas

Kandungan vitamin C yang tinggi pada sayur kol tak hanya membantu memenuhi kebutuhan gizi harian saja, tetapi juga memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel tubuh dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker.

Kol mengandung senyawa sulforaphane yang diduga berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal sel kanker. Namun, sampai saat ini para peneliti masih terus menguji manfaat sulforaphane yang terdapat pada sayur kol dalam menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Demikianlah manfaat dari sayur kol yang dapat kita peroleh, namun jangan mengkonsumsi nya secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru