Apa Itu Buah Kenitu? Yuk Kenali Kandungan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Resa Azzahra 0 Komentar

Buah Kenitu Atau Chrysophyllum Cainito, Terdapat Kandungan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Bahkan Bisa Mencegah Kanker & Kesehatan Tulang

IndiffsBuah kenitu atau yang di kenal sebagai buah genitu, karnatu dan manecu adalah salah satu buah yang berawal dari suku sawo-sawoan, bahkan beberapa orang menyebutkannya sebagai sawo hijau.

Buah ini memiliki rasa manis dan bentuk bulat, buah ini banyak di jumpai di pasar-pasar tradisional. Warna kulit yang terdapat dalam buah ini beragam, ada yang berwarna hijau kecoklatan dan ungu. buah dengan kulit mengkilap ini harganya sangat terjangkau. Biasanya buah Chrysophyllum cainito ini dapat tumbuh di negara yang memiliki iklim tropis, dengan suhu yang panas maupun hangat. Namun buah ini juga sudah di kenal di beberapa wilayah benua Amerika.

Buah genitu ini berasal dari kariba dan ditemukan sekitar 1500 tahun yang lalu oleh seorang pelaut di Spanyol, Orang Spanyol menyebutnya sebagai sawo duren dan sawo apel. Buah ini memiliki biji kecil di dalam daging buah dan biasanya berjumlah 7-8 bulir.

Selain memiliki rasa manis dan lezat, kanitu atau ganitu ini memiliki segudang kandungan penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Keistimewaan pada buah ini terdapat kandungan vitamin yang beragam yakni, vitamin c, vitamin b, yang cukup lengkap Serta vitamin a atau keroten dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Dalam daging buah kanitu terdapat kandungan serat, karbohidrat, protein dan kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Selain memiliki banyak khasiat buah kanitu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin yang dapat menutrisi kulit dari dalam. Vitamin C memiliki peran penting sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan sel kulit dan kandungan Vitamin A dapat membantu meregenerasi sel kulit.

2. Mencegah anemia

Zat besi memiliki peran penting bagi pembentukan sel darah merah dan anemia sering terjadi pada perempuan yang sedang menstruasi dan ibu hamil, buah ini dapat di jadikan pilihan konsumsi agar tubuh terhindar dari anemia, pasalnya di dalam 100 gram buah genitu memiliki 0,68 mg zat besi.

3. Menyembuhkan luka

Buah genitu tak hanya bisa mencegah anemia, terdapat juga sejumlah kandungan yang dapat membantu proses penyembuhan luka karena memiliki kandungan yang paling efektif untuk menyembuhkan luka. Daun buah genitu terbukti efektif untuk mempercepat penyembuhan luka.

4. Mencegah kanker

Terdapat kandungan antiflasmasi alami yang bermanfaat mencegah infeksi kanker yang terjadi di dalam organ tubuh. efek infeksi tersebut dapat mengakibatkan tubuh terkena berbagai macam penyakit termasuk tumor dan kanker. Dengan ekstrak daun bahkan kandungan di dalam buah ini menunjukkan aktivitas anti-kanker alami.

5. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kandungan kalsium sangat dibutuhkan untuk kekuatan tulang. Tulang dan gigi adalah tempat satu-satunya di dalam tubuh yang dapat menyimpan kalsium yang juga dibutuhkan sebagai asupan tubuh. dengan kandungan mineral terutama kalsium yang turut membantu menyehatkan tulang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru