Inilah Gejala Kekurangan Zat Besi yang Perlu Diperhatikan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Zat besi ialah komponen utama hemoglobin dalam sel darah merah perhatikan tubuh anda, Gejala kekurangan zat besi bisa ditemui pada diri anda.

IndiffsZat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh manusia. Zat besi merupakan komponen utama hemoglobin dalam sel darah merah, yang berfungsi mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa terjadi pada siapapun.

Sayangnya, tidak semua orang tahu apa saja tanda kekurangan zat besi. Padahal jika dibiarkan, kekurangan zat besi bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan. Berikut adalah gejala-gejala kekurangan zat besi yang harus diwaspadai.

Gejala

1. Mudah Lelah

Mudah lelah ini adalah salah satu gejala kekurangan zat besi biasanya sering merasa lesu dan kurang berkonsentrasi. Mudah lelah ini biasanya juga disebabkan karena kekurangan Hemoglobin.

Melansir halodoc.com, Hemoglobin adalah protein yang dapat ditemukan pada sel darah merah. Protein tersebut kaya akan kandungan zat besi dalam sel darah merah. Perlu diketahui bahwa zat besi berperan sangat penting dalam produksi darah pada tubuh.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri di kepala yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Akan tetapi, sakit kepala kekurangan zat besi ini di sertai mata berkunang-kunang. Sakit kepala dapat terjadi karena otak kekurangan oksigen akibat rendahnya kadar hemoglobin.

3. Wajah pucat

Wajah pucat ini pada umumnya disebabkan karena kekurangan darah, yang mengakibatkan wajah tampak tidak segar. Apalagi pada bagian kelopak mata bawah yang terlihat sangat pucat.

4. Rambut Kering dan Rusak

Gejala zat besi yang satu ini aneh didengar. Namun, hal ini juga bisa menjadi penyebab nya loh. Karena zat besi menunjang pertumbuhan rambut dan generasi sel kulit. Tanpa asupan tersebut rambut akan menjadi rontok dan kusam.

5. Kuku Rapuh

Kondisi kuku rapuh ini dalam dunia medis disebut onychoschiza. Penyebabnya karena faktor eksternal maupun internal. Melansir kompas.com, orang yang kekurangan zat besi bentuk kukunya bisa berubah mirip sendok, di mana bagian tengah kuku menukik sementara ujungnya terangkat mirip sendok.

6. Sering Mengalami Infeksi

Sering mengalami hal ini juga termasuk salah satu penyebab gejala kekurangan zat besi loh. Melansir dari alodokter.com, hal ini karena zat besi menjadi bagian penting dalam sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Zat besi juga bisa berperan sebagai penyokong pembentukan sel darah putih yang berfungsi memerangi infeksi yang menyerang tubuh.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Untuk Menghindari gejala-gejala diatas, alangkah baiknya kita menjaga pola makan kita dan mengetahui sumber makanan apa saja yang mengandung zat besi. Upaya untuk menghindari Gejala Kekurangan Zat Besi, dengan memakan sumber makanan yang mengandung zat besi diantaranya:

1. Daun Bayam

Bayam ini adalah salah satu sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Bayam juga merupakan jenis sayuran hijau yang dikenal sebagai sumber zat besi paling baik. Di dalam 180 gram bayam, terkandung sekitar 7 miligram zat besi. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

2. Kacang-kacangan

Sumber makanan selanjutnya yang mengandung kaya akan zat besi ialah kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga kaya akan serat, magnesium, dan potasium, sehingga baik dijadikan pilihan makanan untuk diet yang mengenyangkan.

3. Daging Merah

Daging merah ini seperti daging sapi, namun alangkah baiknya dikonsumsi dengan tidak berlebihan ya! Dilansir dari hellosehat, daging sapi yang berlemak sebanyak 100 gram mengandung sekitar 2,7 miligram zat besi. Sedangkan 100 gram daging sapi rendah lemak mengandung 2,9 miligram zat besi.

4. Kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung zat besi yang baik. Namun, kandungan zat besi pada kentang ternyata lebih banyak ditemui pada kulitnya. Maka dari itu, saat memasak kentang, sebaiknya masaklah bersama kulitnya.

Dalam setiap satu buah kentang ukuran besar yang tidak dikupas, terdapat kandungan 2,9 miligram zat besi. Angka ini dapat memenuhi sekitar 16% kebutuhan zat besi harian Anda. Yang terpenting, hindari menambahkan banyak mentega atau minyak karena dapat meningkatkan kandungan lemak dan kalori pada makanan termasuk kentang.

5. Oatmeal

Oatmeal ini berbeda dengan gandum. Oat diolah dalam bentuk utuh dengan tetap mempertahankan serat dan kulit sedangkan gandum diolah dalam bentuk tepung. Secangkir oatmeal juga mengandung kaya akan zat besi atau setara dengan 19% kebutuhan zat besi harian anda.

Nah, maka dari itu Anda harus tetap menjaga asupan pola makan anda dengan seimbang. Karena jika tidak, mungkin dari gejala kecil itu akan tampak dan berpengaruh pada diri anda.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru