Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan, Menjaga Kesehatan Usus

Resa Azzahra 0 Komentar

Tak hanya buahnya saja yang memiliki segudang manfaat, namun daun dari buah alpukat juga tak kalah ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

IndiffsAlpukat adalah buah tropis atau subtropis yang berasal dari Amerika Selatan. Alpukat tidak hanya memiliki tekstur yang unik dan rasa yang enak, tetapi juga memiliki manfaat dan kandungan gizi yang luar biasa. Namun, tidak banyak orang yang membicarakan manfaat dari daun alpukat itu sendiri.

Tidak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, daun alpukat juga berpotensi mencegah penyakit dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun alpukat ini bisa kita dapatkan dengan menggunakan air rebusan daun alpukat.

Manfaat Daun Alpukat

Semua nutrisi yang ada dalam daun alpukat mengandung flavonol, quercetin, glikosida, polifenol, estragole, alpha dan beta-pinene, cineol, limonene, serotonin, dan flavonoid, dan senyawa lainnya. Kandungan flavonol yang dapat melindungi tubuh kita dari gangguan degeneratif seperti osteoarthritis.

Daun ini mengandung zat yang disebut quercetin, dengan memiliki kualitas diuretik. Ini membantu buang air kecil dan pembuangan limbah dari metabolisme Anda. Daun alpukat juga mengandung polifenol dan pinene yang dapat mencegah pertumbuhan kuman, menyiratkan bahwa mereka efektif dalam memerangi infeksi bakteri.

Berikut ini merupakan manfaat daun alpukat untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun alpukat mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Senyawa ini berperan dalam menyeimbangkan keasaman lambung, juga dapat mengurangi kemungkinan bisul. Bisulmerupakan kejadian umum pada individu yang mengalami tingkat stres yang tinggi. Teh alpukat tidak hanya dapat menenangkan tingkat stres saja, tetapi juga dapat mengobati sakit maag.

2. Mengobati Gejala Asma

Senyawa fitokimia dalam daun alpukat menanamkan relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran. Hal ini dapat mengurangi sakit kepala, nyeri otot, hingga asma. Daun alpukat juga dapat mengurangi kekakuan pada otot-otot pernapasan yang menyebabkan gejala asma yang tidak nyaman. Beberapa pengguna teh alpukat holistik merekomendasikan menambahkan satu sendok makan garam per 3 cangkir teh.

3. Mengurangi Terjadinya Kejang

Kejang merupakan hasil dari ketidakseimbangan neurologis dari terlalu banyak aktivitas di area saraf otak. Para peneliti telah mencatat bahwa ekstrak daun alpukat bekerja untuk meningkatkan transmisi GABA, neurotransmitter yang menenangkan. Neurotransmitter yang menenangkan ini mengurangi kemungkinan terjadinya kejang. Bukti berkembang, bahwa daun alpukat dapat menjadi alat manajemen yang berguna dan holistik untuk anak-anak dengan epilepsi.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun alpukat mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Senyawa ini berperan dalam menyeimbangkan keasaman lambung. Serat yang cukup juga terkandung dalam daunnya yang mendorong pergerakan usus secara teratur, yang sangat penting untuk ekskresi racun setiap hari melalui empedu dan tinja. Sedangkan Limonene memiliki efek yang besar pada kesehatan usus.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam daun alpukat juga dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. Meskipun ini tidak akan menurunkan LDL Anda, atau “kolesterol jahat”, itu dapat menjaga fungsi darah yang sehat. Kehadiran polifenol juga membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung.

6. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Alpukat dikenal kaya akan antioksidan, tetapi daun alpukat memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada buahnya. Daun alpukat memiliki senyawa yang disebut quercetin serta polifenol yang merupakan antioksidan kuat yang menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Radikal bebas adalah produk degenerasi alami dalam tubuh kita sebagai akibat dari oksigenasi. Antioksidan memperlambat atau bahkan mencegah proses ini terjadi, menjaga tubuh kita lebih sehat.

Nah itulah beberapa manfaat daun alpukat untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru