Penyebab Double Chin Yang Membuat Tidak Percaya Diri

Dini NHaH 0 Komentar

Double chin identik dengan orang yang kelebihan badan, namun tak sedikit orang punya badan kurus tapi punya double chin, yuk kenali penyebab nya.

indiffs – Memiliki dagu ganda atau double chin merupakan kondisi yang umum. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari double chin, karena itu hanyalah lapisan lemak yang terbentuk di bawah dagu. Ketika lapisan lemak menjadi cukup kuat, maka ia membentuk kerutan yang menciptakan couble chin. Selain berat badan berlebih, terdapat beberapa penyebab double chin lain yang penting diketahui.

Berikut merupakan beberapa penyebab double chin yang sering terjadi:

1. Kelebihan Lemak

Saat seseorang mengalami penambahan berat badan, maka terjadi kecenderungan penambahan lemak di seluruh tubuh. Hal ini juga terjadi di wajah, termasuk di bawah dagu.

Kemunculan double chin juga tergantung pada tipe tubuh seseorang, lemak sangat mudah terlihat di wajah. Misalnya, jika kamu memiliki kerangka tubuh yang lebih besar, beberapa tambahan lemak di pinggul atau perut mungkin tidak begitu terlihat. Namun, pada beberapa orang, sedikit saja tambahan lemak bisa begitu terlihat dari wajah.

2. Kulit yang Menua

Penuaan pada kulit juga dapat menyebabkan double chin. Sekitar pertengahan usia 20-an, jumlah kolagen yang diproduksi kulit mulai menurun. Ketika ini terjadi, kulit mulai kehilangan elastisitasnya dan mulai kendur. Semakin menua, semakin sedikit kolagen sehingga lipatan pada dagu semakin jelas.

3. Keturunan atau Genetik

Jika berat badanmu normal, tetapi dagu masih terlihat berlipat, bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Memiliki orang tua dan keluarga yang dagunya berliipat akan meningkatkan risiko yang sama pada keturunannya.

4. Cedera Otot Leher

Postur tubuh yang buruk dapat mengurangi elastis otot leher atau membuat otot leher tegang. Otot leher terhubung langsung dengan rahang bagian bawah. Saat ada masalah atau cedera, praktis otot leher atau leher jadi kaku dan double chin bisa terbentuk di sana.

5. Struktur Wajah

Beberapa faktor yang berkaitan dengan double chin terkadang memang di luar kendali manusia. Salah satunya yaitu bentuk dasar wajah setiap orang. Sama seperti tipe tubuh tertentu yang memungkinkan beberapa orang terlihat lebih gemuk atau kurus dibanding orang lain. Begitu juga dengan struktur wajah.

Khususnya pada orang dengan dagu resesif dan garis rahang lemah, akan lebih rentan memiliki double chin. Hal ini karena kulit yang membentang di dagu yang lebih kecil. Selain itu, karena kulit tidak terlalu kencang menutupi wajah, belum lagi adanya lemak meski sedikit, atau menurunnya elastisitas kulit sehingga menyebabkan double chin.

Nah, itulah beberapa penyebab double chin yang jarang diketahui orang. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru