Ternyata Ini Alasan Kenapa Cinta Pertama Sulit Untuk Dilupakan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Cinta pertama memang tidak bisa dilupakan begitu saja. Alasan bahwa cinta pertama sulit atau susah dilupakan ternyata ada penjelasannya.

INDIFFS.COM – Saat pertama kali jatuh cinta, seseorang mungkin akan merasakan hal yang belum pernah terjadi yaitu sangat menyukai orang lain. Tak peduli sudah berapa banyak hubungan asmara yang dijalin dengan orang lain, bahkan mungkin sudah punya pasangan baru ataupun berkeluarga, cinta pertama memang tidak bisa dilupakan begitu saja. Alasan bahwa cinta pertama sulit dilupakan ternyata ada penjelasannya.

Alasan Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa cinta pertama sangat sulit dilupakan.

1. Hormon Kebahagiaan

Sebuah studi dari Harvard Medical School tahun 2017 menemukan bahwa otak akan mengalami banyak hal ketika sesorang jatuh cinta. Berbagai macam hormon kebahagiaan akan dilepaskan sehingga seseorang merasakan lonjakan emosi yang intens di kala itu. Lonjakan emosi itu adalah sebagai berikut:

  • Otak melepaskan oksitosin (hormon cinta) yang bertanggung jawab atas perasaan keterikatan dan keintiman dengan orang yang dicintai.
  • Dopamin dilepaskan sehingga kita merasakan pengaruh motivasi kuat dalam hidup. Di saat pelepasan hormon inilah seseorang merasakan kasmaran atau kecanduan cinta.
  • Norepinefrin, hormon yang mirip dengan dopamin, juga dilepaskan pada tahap awal cinta (nafsu atau kegilaan) dan ini menyebabkan seseorang menjadi pusing, bersemangat dan penuh energi.

Sedangkan penelitian dari ilmuan kognitif di MIT menjelaskan bahwa seseorang mengalami pemorsesan puncak dan kekuatan memori sekitar usia 18 tahun. Di usia ini lah seseorang mengalami banyak pengalaman pertama, tak terkecuali cinta pertama.

2. Cinta Pertama Meninggalkan Jejak dalam Otak

Mayoritas orang mengalami jatuh cinta untuk pertama kalinya di usia remaja. Seperti yang di katakan Joseph Bordelon, praktisi utama dan pemilik Christian Counseling Austin. Ia mengatakan bahwa masa remaja adalah periode di mana ingatan kita berada pada puncaknya. Karena ingatan jauh lebih kuat selama periode ini, seseorang berpotensi mengingat pengalaman jatuh cinta dengan jelas.

Cinta pertama sulit untuk dilupakan karena meninggalkan ‘jejak’ pada area sensorik otak. Kenangan selama masa remaja juga meninggalkan jejak hormonal pada saat yang sama dengan perkembangan neurologis dalam membentuk identitas seseorang, jelas Bordelon.

Jejak ini bisa intens dan menimbulkan perasaan yang kuat ketika memori dipicu. Itu sebabnya mendengar lagu yang kamu nyanyikan bersama si dia bisa membuatmu sangat emosional.

3. Pengalaman Pertama

Alasan cinta pertama sulit dilupakan karena ini merupakan pengalaman pertama yang Anda lakukan. Hal yang membedakan cinta pertama dengan cinta lainnya adalah efek sensasi “pengalaman pertamanya” saja.

Pasalnya, saat itu kamu baru pertama kali merasakan cinta yang sesungguhnya. Akibatnya, segala sesuatu yang pertama kali kamu lakukan bersama Si Dia merupakan hal yang pertama kali terjadi dalam hidupmu sehingga akan terus tercatat dalam hati dan ingatan.

Misalnya, kamu mungkin bisa ingat kapan pertama kali bergandengan tangan, berpelukan dan lain sebagainya dengan cinta pertama. Nah, efek pengalaman pertama inilah yang membuat kenangan akan cinta pertama terasa sangat berkesan dan membuat seseorang sulit melupakannya.

4. Selalu Jadi Bahan Perbandingan

Karena cinta pertama itu banyak memberikan kenangan dan pengalaman yang berharga, tak heran jika waktu nantinya kamu jatuh cinta lagi maka cinta pertama itu bisa dijadikan bahan perbandingannya. Sebaiknya jangan mengulang kesalahan yang sama ya jika tidak ingin sakit hati lagi. Semua orang itu memiliki sisi baik dan buruk, jadi pelajari lebih dulu sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk mencintai seseorang.

5. Tulus Dari Hati

Bagi kebanyakan orang, cinta pertama mereka murni. Rasa yang mereka alami itu bebas dari manipulasi dan berkembang secara organik dari waktu ke waktu. Ketulusan dan bebas dari niatan buruk itu membuatnya terasa semakin istimewa.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa seseorang sulit untuk melupakan cinta pertamanya. Jadi sekarang sudah tahu kan mengapa cinta pertama selalu sulit untuk dilupakan?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru